Burger Monalisa Jogja yang Legendaris di Kalangan Mahasiswa Jadul

burger monalisa yogyakarta
Burger Monalisa Jakal Jogja. Sumber: Dokumentasi pribadi.

Mahasiswa UGM, UNY dan sekitarnya era tahun 1990-an tidak asing dengan burger Monalisa Jogja. Sebenarnya harga burger ini masuk akal jika melihat isinya. Tapi di kantung mahasiswa Yogyakarta jaman dulu, tidak ada harga yang masuk akal. Meski begitu, burger Monalisa menjadi pilihan favorit untuk mencuri hati ayang atau pacar.

Puluhan tahun berlalu, bagaimana kondisi burger Monalisa sekarang? Apakah masih banyak peminat?

Burger Monalisa Jl Kaliurang atau Jl Persatuan Jogja

Dimana letaknya letak Burger Monalisa Jl Kaliurang atau Jl Persatuan UGM? Maaf kami tidak punya catatan akurat berapa kali tenda burger Monalisa di Jl Kaliurang atau Jl Persatuan pindah. 25 tahun lalu, tenda tersebut ada di sebelah barat jalan, tepatnya setelah deretan komplek MIPA UGM. Pembeli bisa makan disini secara lesehan. Ketika bank Mandiri, bank BNI dan beberapa bangunan diperbaiki, tenda tersebut mengecil.

Beberapa tahun setelah tenda tersebut mengecil, kami sempat kehilangan jejak. Terakhir kami kesana, yaitu tahun 2022, letak tenda burger Monalisa ada di sebelah timur dan cukup panjang. Kira-kira di seberang bank Mandiri. 

Jadi, jika teman-teman mencari posisi tenda burger Monalisa, pelototin saja sekitar area tersebut, siapa tau posisinya bergeser. Apalagi sekarang sepanjang Jl Kaliurang area Bulaksumur UGM penuh dengan pedagang kaki lima dengan tampilan tenda yang mirip satu dengan yang lainnya.

Menu yang selalu kami pesan disini adalah burger. Di tahun 2022, harga cheese burgernya Rp 27.000,-. Saus homemade untuk burger inilah yang membuat burger Monalisa legendaris. Selain berlimpah, rasa sausnya sangat cocok dengan lidah Indonesia. Kaya rasa dan enak deh.

Keunggulan burger Monalisa lainnya adalah sayuran berupa daun selada, timun, tomat dan bawang bombay yang berlimpah. Ini dipertahankan terus sampai terakhir kami kesana. Padahal burger-burger terkenal lain sudah seperti padang tandus, cuma roti, patty dan kadang keju, tidak seperti di brosur promonya yang terlihat menarik ada daun selada dan acar.

Baca: Doodle Burger Factory Transmart Jogja

Burger Monalisa Jl Sisingamangaraja Jogja

burger monalisa ugm
Burger Monalisa ketika masih di barat Jakal. Sumber: Dokumentasi pribadi.

Jl Sisingamangaraja ini adalah alamat tetap burger Monalisa di Yogyakarta. Tentu saja disini teman-teman bisa makan lebih nyaman dengan duduk di kursi. Pembeli yang datang ke pusatnya ini kebanyakan keluarga karena memang jauh dari kampus-kampus di Jogja.

Kami sendiri belum pernah makan disini, melainkan membeli untuk dibungkus saja. Dahulu kami sering membeli disini untuk dibawa keluar kota. Kami lebih sering membeli pizza, bukan burgernya. Jadi kita bisa pesan dengan saus dipisah. Tapi untuk sekarang, kami belum tahu apakah juga masih bisa memesan seperti itu.

Kami membeli pizza di burger Monalisa Jl Sisingamangaraja dengan alasan yang sama dengan membeli burger di Monalisa Jakal (Jl Kaliurang), yaitu cita rasa yang cocok dengan lidah Indonesia. Mungkin ada yang lebih suka dengan cita rasa otentik dari negara asalnya, tapi cita rasa yang disesuaikan dengan lidah lokal tak ada salahnya untuk dicoba.

Untuk melihat proses penyajian burger Monalisa di cabang Jl Kaliurang, silakan follow instagram @jalansitu atau channel youtube jalansitu.

Alamat Monalisa Burger
Jl. Sisingamangaraja No.90, Brontokusuman, Kec. Mergangsan
Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153

Post a Comment

2 Comments

  1. Ini Legend banget. Waktu itu (masih kuliah) masih "menangi" Harga Burger Monalisa Rp. 1.500. Saat ini sudah 20 kalinya. Hehee..

    ReplyDelete

Thank you for your comment. It will appear soon.