Daftar Toko Koper di Jogja, Bisa Beli Online dan Offline

Pasca pandemi, minat orang bepergian sangat besar. Salah satu gaya traveling yang sedang tren di stasiun Tugu dan bandara YIA Yogyakarta adalah menggeret koper dengan berbagai warna dan design yang lucu. Namun, hendaknya teman-teman juga mengutamakan peruntukkan koper tersebut. Misalnya jika untuk dibawa ke kabin pesawat, harus cek ke masing-masing maskapai yang peraturannya berbeda-beda. Bahkan meski sama-sama koper size 18" atau 20" bisa beda ukuran panjang, lebar dan tingginya. Untuk ke luar negeri juga ada peraturan minimalnya. Karena itu, pilihlah toko koper yang paham peraturan-peraturan tersebut. Daftar toko koper di Jogja ini adalah yang benar-benar pernah kami kunjungi. 


toko koper jogja


DAFTAR TOKO KOPER DI JOGJA


1. TOKO TAS DALLAS

Jl. Urip Sumoharjo No.70 Yogyakarta

Mungkin ini sudah banyak diketahui oleh warga Jogja karena Dallas merupakan toko tas generasi lama yang bisa bertahan sampai sekarang. Lokasinya pun ada di deret pusat pertokoan utama di kota ini. Namun yang khusus menjual koper tidak persis berada di toko tersebut melainkan 2 toko sebelumnya, tepatnya di mulut pintu keluar Superindo. Lokasi tersebut juga tanpa spanduk tapi teman-teman tak akan melewatkan pajangan koper-kopernya. Nah, untuk membayar, kasirnya tetap jadi satu dengan toko Dallas lama. Di toko Dallas lama sendiri sudah penuh dengan tas sekolah dan tas-tas lainnya.

Karyawan disini ramah dan paham ukuran koper untuk masing masing keperluan secara umum. Secara spesifiknya, harus cek sendiri ke masing-masing operator angkutan. Mereka juga tetap semangat meski kita minta buka koper satu-satu. Jenis koper sangat beragam baik model, kualitas dan tentu saja harga. Tapi saya tidak melihat koper jumbo untuk pergi lama ke luar negeri. Sayangnya, meski stok sangat banyak tapi cepat pula habis. Kami beli koper ukuran 20" seharga Rp 325.000,- disini. Tapi ketika akan beli lagi, toko sebesar itu kosong, tinggal beberapa koper saja, habis!

Online: saya tidak tahu apakah bisa dilakukan pembelian online. Di instagram ada akun @tasdallas tapi dikunci alias private.

Baca juga: Promo All You Can Eat  di The Alana Yogyakarta


2. BANDAR KOPER JOGJA

Jl. Kapten Piere Tendean No.53C Yogyakarta

Ancer-ancernya mudah ya meski tidak di pusat kota, yaitu selatan Jolie dan Sakola. Cewek-cewek se Jogja pasti tahu letak Jolie dan Sakola. Info tentang toko ini dapat dari twitter tapi sangat minimal. Lalu ketemulah di google maps dengan rating paling tinggi dibandingkan dengan toko koper lainnya. Kami membeli koper size 18" dengan harga Rp 260.000,-

Kami dilayani gadis muda (owner?) yang paham banget kemauan kami, jadi kami senang dan terbantu. Ada meja untuk membuka-buka koper. Dia ikut menyeleksi koper-koper yang kami pilih dan langsung menyingkirkan koper yang resletingnya susah dibuka. Dia memastikan pelanggan mendapat koper yang baik. Kebanyakan orang beli disini nggak lama-lama langsung angkut karena memang pelayanannya efisien. Dibandingkan dengan Dallas, koleksi koper disini lebih beragam, termasuk koper-koper besar untuk ke luar negeri. Motif dan warnanya juga kekinian.

Online: memiliki akun instagram @bandarkoperjogja dan akun Shopee bandarkoperjogja


3. ACE HARDWARE

Jl. Urip Sumoharjo 127 Yogyakarta

Sebenarnya kami tidak beli koper di Ace Hardware Jl Urip Sumoharjo ini, melainkan di sebuah mall. Kami membeli koper ukuran 20" seharga Rp 700.000,- dengan penuh kesabaran lantaran pelayan tidak paham dengan produk mereka sendiri. Kami sempat heran karena Ace adalah salah satu toko jujugan kami untuk banyak keperluan. Kami mencoba memaklumi mungkin karena karyawan baru atau produknya yang baru sehingga belum sempat dipelajari. Untuk melihat ukuran koper saja, harus dibuka satu-satu dan dibaca tag-nya. Ditambah tak paham koper ukuran kabin. Hebatnya, ketika pelayan ini memanggil temannya, temannya itupun tak kalah blank. Padahal hari itu sudah malam dan kami harus segera packing untuk pagi keesokan harinya.

Ketika kami mencari koper lagi dan lagi-lagi diburu waktu, kami mencoba Ace Hardware Jl Urip Sumoharjo atau Jl Solo ini karena pertimbangan tidak perlu naik turun mall, mobil bisa langsung parkir di depannya. Ternyata, koleksi koper disini lebih banyak, warnanya lucu-lucu tapi tetap elegan. Harganya pun tidak mahal-mahal, sekitar 500-600 ribu ada. Soal kualitas, tentu saja Ace Hardware bisa dipercaya. Petugas yang melayani kami juga lebih paham ukuran koper mana saja yang sering dicari traveler. Sayangnya, ukuran 18" yang kami cari tidak ada, kebanyakan ukuran 20" ke atas.

Online: melalui website ruparupa.com


Koper ukuran 18" dimana-mana cepat habis karena merupakan ukuran maksimal untuk dibawa ke kabin sehingga paling dicari traveler.


4. MANJA BAGS & LUGGAGE SHOPS

Jl. Urip Sumarjo No.23 Yogyakarta

Sepertinya penjualan online-nya cukup sukses. Akun instagramnya @manjabag dikelola dengan profesional sehingga pengikutnya sudah puluhan ribu. Lalu bagaimana dengan toko offline-nya?

Koper yang dijual disini bukan yang dari kasta murah banget tapi juga termasuk nggak mahal jika dibandingkan dengan merk yang sama di toko lain. Kami sempat naksir merk President yang disini harganya lebih murah dan warnanya lebih elegan. Sayangnya ukuran 18" habis. Plus lainnya, penjual sangat ramah dan mengerti benar produk yang dijual serta kemauan traveler.

Online: memiliki akun instagram @manjabag

Baca juga: Sego Berkat dekat bandara YIA


5. Danar Koper 

Jl. Selokan Mataram No. 61, Pringwulung, Condongcatur, Sleman

Ini posisi google maps-nya agak meleset sedikit, jadi kami sempat putar balik lalu melototi sepanjang jalannya dan ketemu. Tepatnya sebelum jembatan ke arah Gejayan. Tokonya kecil dan untuk parkir mobil harus agak diperhatikan karena posisi awkward sebelum jembatan dan kendaraan yang lewat sini ngebut-ngebut.

Kami menemukan toko ini di pencarian instagram. Tampaknya toko ini cukup sukses di penjualan online. Karena tokonya kecil, maka koleksi juga terbatas. Yang banyak tersedia di toko offline-nya merk President. Katanya sih ini banyak yang suka karena kualitasnya bagus. Tapi tentu saja harganya menyesuaikan. Untuk size 20" harganya Rp 800.000,- ke atas. Yang harganya murah, kalau di penawaran online-nya ada banyak, tapi saya tidak menemukannya di offline. Mungkin di dalam ya karena masih ada ruangan di dalam untuk pengelola. Kami tidak berlama-lama disini karena keburu maghrib dan pelayan cuma satu, sementara ada pembeli lain. Selain itu, tokonya sempit membuat ibu panik karena beberapa kali koper yang ada di display rak meluncur ke bawah dan jatuh padahal ibu merasa tidak menyenggol. Mungkin raknya bisa dibuat lebih kokoh dan sama datar.

Online: memiliki akun instagram @danar_kopermurah_jogja dan akun Shopee danarkoper/danarmita.


6. ADELE ACCESORIES

Ruko Rafflesia Babarsari Square Kav 3B-7, Jl Babarsari, Depok, Sleman

Adele ini semacam Jolie wilayah timur. Jadi barang yang dijual beragam, mayoritas kesukaan cewek-cewek. Karena itu, koper yang dijual disinipun punya motif atau warna yang lucu-lucu gemes. Harganya murah-murah. Pelayanan disini disambi-sambi karena tokonya ramai. Tapi kalau kita tanya pasti dijawab. Lagipula tag keterangan ukuran dan harga kopernya cukup jelas, tinggal pilih sendiri saja. Kami tidak jadi beli disini karena ukuran 18" habis. 

Online: memiliki akun instagram @adele.accessoriesjogja, tersedia admin khusus untuk pembelian online.


7. SAMSONITE

Samsonite di sebuah mall adalah tempat yang kami tuju setelah 15 tahun tidak beli koper. Dahulu kami tidak pernah membawa koper ke kabin karena anak-anak masih kecil sehingga bawaan selalu luar biasa banyak. Maka kami hanya membawa tas jinjing dan ransel ke kabin. Selebihnya ditaruh di koper-koper besar dan masuk bagasi. Sekarang beda kondisi, bawaan cukup sedikit, karena itulah kami berganti ke koper-koper kecil. Kesalahan kami adalah kurang riset dan percaya petugas akan lebih ngerti lah. Ternyata, sampai di tempat, petugas blank dan kami pun bengong. Bahkan ukuran-ukuran saja tidak paham. Akhirnya kami pamit daripada sama-sama ngang ngeng ngong kan, ya? 

Tapi sejujurnya, koper-koper disini keren-keren. Nggak usah lihat tag-nya, kita langsung tahu itu bukan koper murahan karena terlihat kokoh tapi sekaligus modis. Harga-harganya memang di atas Ace Hardware. Tapi seandainya komunikasi terjalin dengan baik, mungkin kami beli juga karena sebenarnya sudah naksir salah dua. Nah, jika teman-teman berminat, sebaiknya riset ukuran koper dulu, jadi bisa langsung pilih motif dan harga, lalu bayar. Atau mungkin teman-teman bisa lebih beruntung bertemu petugas yang lebih sat-set di shift atau outlet yang berbeda.

Online: memiliki akun di semua marketplace.


8. MATAHARI

Jaman duluuu banget, terutama ketika pembelian online belum sekencang sekarang, semuanya beli di Matahari, termasuk koper. Lalu, bagaimana sekarang? Koper di Matahari itu banyak pilihan dan bagus-bagus kualitasnya. Tapi buat kami, motif dan modelnya terlalu klasik. Sepertinya lebih cocok untuk bapak-bapak. Sedangkan keluarga kami cukup cheerful, jadi kami tidak berminat. Untuk harga berada paling atas di daftar ini ya. Tapi sesuai kok dengan kopernya. Lagipula Matahari sering diskon besar.

Online: tidak tahu.


9. Gramedia

Sama halnya dengan Matahari, Gramedia tempat kami membeli macam-macam karena produk jualannya tidak hanya buku dan alat tulis. Sepeda dan gitar juga dijual Gramedia. Tak terkecuali koper. Kami hanya menemukan beberapa buah koper saja sehingga tidak memberikan pilihan yang agak leluasa. Harga-harganya setara dengan koper-koper di Ace Hardware.

Online: akun-akun online-nya untuk menjual buku.


Nah, demikianlah daftar toko koper di Jogja yang pernah kami kunjungi. Jika ada yang belum masuk ke dalam daftar, silakan teman-teman tambahkan di kolom komentar agar kita bisa saling bantu.

Post a Comment

0 Comments