Cara Naik Damri dari Jogja ke Bandara YIA dan Sebaliknya

cara naik damri bandara yia
Bandara YIA. Sumber: dokumentasi pribadi.

Cara naik Damri dari Jogja ke Bandara YIA dan sebaliknya ini merupakan cara lain setelah artikel tentang cara naik kereta bandara dan antar jemput menggunakan mobil pribadi yang sudah ditayangkan sebelumnya di blog ini. 

Rute jalan darat dari Jogja ke Bandara YIA (Yogyakarta International Airport) dan sebaliknya melewati jalan nasional, sehingga rawan kemacetan. Jika naik Damri untuk keberangkatan, minimal harus dimulai 2 jam sebelum jam checkin. Agar lebih aman, lakukan online checkin dulu. Meski tetap harus antri di counter jika ada bagasi, paling tidak akan mempercepat proses check in.

Untuk kedatangan, Damri merupakan penolong utama jika tidak kebagian tiket kereta bandara atau jadwal menunggu kereta terlalu lama. 

Baca juga: Cara Naik Kereta Bandara YIA Jogja dan Tips Jika Kehabisan Tiket

Cara Membeli Tiket Damri Bandara YIA

Cara membeli, jadwal dan harga tiket bisa dilihat dengan lengkap di instagram @damriindonesia. Beberapa artikel menyebutkan bahwa tiket bisa dibeli di www.damri.co.id, tapi setelah dicek ternyata isinya tentang berita dan informasi korporasi dari perusahaan Damri. Tidak ada informasi yang dikhususkan untuk konsumen.

Untuk jadwal dan ketersediaan tiket, sebaiknya dipantau langsung di akun media sosial resmi Damri dan di platform atau aplikasi penjualan tiket. Hindari berpanduan pada infografis atau brosur yang bertebaran di internet karena jadwal bisa saja diatur ulang oleh Damri atau tiket telah habis terjual.

Jadi, tiket Damri Bandara YIA bisa dibeli di:

  1. Aplikasi Damri Indonesia.
  2. Melalui counter di bandara.
  3. Melalui platform penjualan tiket, misalnya Traveloka dan sebagainya.
Sedangkan titik penjemputan dan drop zone Damri Bandara YIA adalah:
  1. Stasiun Tugu
  2. Terminal Condong Catur
  3. Sleman City Hall
  4. Pool Damri Yogyakarta
  5. Hotel Wisata Magelang
  6. Terminal Palbapang
  7. Terminal Borobudur
Sedangkan harga tiket per tanggal 11 Januari 2023 yang didapatkan dari akun instagram @damriindonesia adalah:
Titik penjemputan no 1-4 Rp 80.000,-
Titik penjemputan no 5 Rp 100.000,-
Titik penjemputan no 6-7 Rp 20.000,-

Tips Naik Damri Bandara YIA

cara beli tiket damri bandara yia
Bandara YIA. Sumber: dokumentasi pribadi.

Peminat angkutan Damri ke bandara YIA dan sebaliknya cukup banyak. Karena itu, berikut tips naik Damri dari dan ke bandara YIA agar perjalanan nyaman dan tidak telat menaiki pesawat:

  1. Untuk keberangkatan, pastikan waktu cukup, yaitu minimal 2 jam hanya untuk perjalanan saja, tidak termasuk check in. Lebih awal lebih baik, mengingat rute Jogja - bandara YIA merupakan jalan nasional yang juga dilewati kendaraan besar, seperti truk dan bus.
  2. Cek ketersediaan tiket, tidak hanya jadwalnya saja. Armada Damri cukup banyak dan wira-wiri tiap jam. Namun, kendaraan Damri bandara YIA umumnya mobil van semacam L-300 dan sejenisnya, bukan bus besar seperti Damri bandara Soekarno Hatta, sehingga kapasitas terbatas. Namun mobil tersebut sangat nyaman.
  3. Berkenaan dengan no 2, kemas barang bawaan sepraktis dan seringkas mungkin.
  4. Untuk kedatangan, penumpang bisa minta diturunkan selain di drop zone Jogja asal sejalan dengan rute asli karena ini mobil shuttle bandara, bukan travel antar jemput.
  5. Untuk arah ke Jogja, pembelian tiket bisa dilakukan secara go show di bandara YIA.
Cara naik Damri dari dan ke bandara YIA ternyata cukup mudah dan harga tiketnya terjangkau. Satu-satunya yang perlu perhatian lebih adalah waktu tempuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan perjalanan teman-teman menyenangkan.

Post a Comment

0 Comments