Kiat Lulus Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Benarkah untuk tembus SNMPTN grafik nilai rapor harus menanjak? Benarkah untuk mendapat skor tinggi UTBK itu harus dikarantina bimbel? Yang jelas, baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN maupun Ujian Mandiri, untuk memenangkan persaingan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) sangat berat jika dilakukan dengan instan. Kondisi pandemi juga membuat persiapan awal untuk lulus ke kampus impian lebih sulit dilaksanakan. Tapi dibawah Ruangbelajar by Ruangguru yang sudah sangat berpengalaman, banyak kendala bisa diatasi.


ppsmb-ugm
PPSMB UGM


TEMBUS SNMPTN

Ayah, Bunda, pada saat daftar ulang di SMA, beberapa sekolah sudah menanyakan cita-cita ananda. Mohon ananda dibantu menjawab dengan serius, ya. Dari sinilah persiapan masuk perguruan tinggi negeri bermula. Meski kelihatannya terlalu dini, tapi ini membantu mengarahkan pemilihan jurusan di SMA yang akan bermuara pada pemilihan program studi (prodi) di PTN. Penjurusan di SMA sudah dimulai sejak kelas 10 atau sejak masuk SMA. Dalam perjalanannya, mungkin ananda akan berubah pikiran. Tak apa. Minimal ada pijakan awal untuk belajar.

Lalu, benarkah untuk tembus SNMPTN grafik rapor harus menanjak? Itu tidak sepenuhnya benar, namun bukan dengan tangan kosong juga. Ananda harus punya prestasi lain yang memiliki nilai di mata panitia SNMPTN. Masalahnya, selama pandemi ini, banyak kompetisi dan event yang ditangguhkan. Jika kompetisi atau event yang sesuai bakat ananda termasuk yang ditangguhkan, mau tak mau nilai rapor menjadi andalan.


ruangbelajar-ruangguru


Tiap anak punya kemampuan dan gaya yang berbeda ketika belajar. Di sekolah formal, anak-anak harus mengikuti gaya mengajar para guru dan target kurikulum sekolah. Apalagi selama pandemi pertemuan online dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan guru sekolah sangat dibatasi waktu. 

Sedangkan di ruangbelajar dari Ruangguru, anak-anak bisa mempercepat penyelesaian paket yang telah dipilih jika mudah untuk dimengerti dan bisa mengulang-ulang video pelajaran yang belum dipahami. Puluhan ribu video bisa didownload dan disimak dari mana saja, baik dengan ponsel maupun laptop.

Itu bukan berarti orangtua bisa lepas tangan, ya. Keberhasilan anak adalah keberhasilan bersama. Remaja mudah tergoda untuk mengintip konten-konten lain. Beri semangat pada anak, jangan hanya dimarahi. Orangtua bisa meminta Rapor Anak ke Ruangguru supaya sempat dilakukan perbaikan jika perlu sebelum terima rapor sekolah. Prestasi Master Teacher ruangbelajar sebagai juara olimpiade, peraih beasiswa dan sebagainya itu bukan sekedar untuk gagah-gagahan lo bun, melainkan karena cara belajar mereka sudah terbukti berhasil dan untuk memberi  motivasi agar ananda rajin belajar.


SUKSES UTBK

Skor UTBK sangat penting. Tidak lulus jalur SBMPTN bukan berarti skor buruk, tapi bisa juga karena persaingan di jurusan yang dipilih sangat ketat. Dengan skor tinggi, setelah tidak lulus di SBMPTN, masih bisa digunakan untuk ikut Ujian Mandiri yang diselenggarakan oleh beberapa PTN. Tak semua PTN mengadakan ujian lagi yang soalnya dibuat sendiri oleh PTN tersebut, melainkan cukup menggunakan skor UTBK.

Katanya, kalau banyak mengerjakan soal, otomatis lebih mudah mengerjakan soal UTBK? Ada juga yang bilang, ngapain belajar susah-susah kalau ada jembatan keledai? 


ruangbelajar-by-ruangguru


Memang, kadang ada beberapa kemiripan soal dari tahun-tahun sebelumnya. Itu sebabnya di ruangbelajar ada bank soal yang bisa dijadikan latihan sebanyak mungkin. 

Namun, kita tidak pernah tahu apakah ada pembaharuan di tim pembuatan soal LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Jadi sebaiknya kuasai dasar-dasar ilmu pengetahuan yang diujikan agar siap menghadapi kemungkinan modifikasi soal dengan belajar rutin di rumah selama pandemi melalui ruangbelajar. Jangan sampai sia-sia waktu selama kurang dari 3 tahun belajar di SMA hanya karena “katanya”. Semangat!


Post a Comment

8 Comments

  1. Wahh, semogaaa anak2 kita bisa memeroleh takdir terbaik: Belajar di kampus yg mereka inginkan dan jurusan kuliah yg cocok utk mereka.
    Memang banyak "katanya" kalo terkait urusan masuk PTN ini ya Mba
    Yang jelas, utk bisa memberikan yg terbaik pd anak, ajakin belajar di ruangguru aja

    ReplyDelete
  2. Nah, memang bener banget kadang bank soal membantu, ada kemiripian soal2 pada tahun sebelumnya, untungnya RUangbelajar Ruanggguru ini memang tanggap dan menyediakannya dan bisa menjadi solusi untuk menambah pengetahuan apalagi cara belajarnya melalui pideo2, lebih asyiik!

    ReplyDelete
  3. Ada kebanggan ketika ananda bisa masuk ke perguruan tinggi impian pastinya. Dan setuju banget bahwa orang tua harus ikut andil dalam mewujudkannya dengan memberikan kontrol dan supervisi yang baik. Semoga anak anak kita kelak bisa mendapatkan jurusan sesuai minat dan kemampuannya Ya

    ReplyDelete
  4. dulu aku ngandelin nilai rapot mba biar bisa lolos pmdk, gak tau kalo sekarang "pmdk" itu namanya apa ya.. :D btw, sekarang enak udah ada ruang guru, cari-cari materi pelajaran jadi lebih mudah. mudah2an anak-anak kita kelak juga dipermudah masuk perguruan tinggi ya

    ReplyDelete
  5. makasih bamgeeet untuk kiat - kiatnya mbaaa.. semoga anak - anak kita bisa mendapat pendidikan yang setinggi mungkin

    ReplyDelete
  6. Jadi ingat zaman dulu segalanya masih offline, aku sebelum menempuh SPMB sempat karantina dulu selama 1 bulan di camp buat persiapan belajar dan melatih kemandirian.
    Alhamdulillah,
    banyak informasi dan belajar bersama teman bisa meningkatkan semangat.

    Zaman sekarang, bisa melalui online seperti ruangbelajar dari ruangguru begini yaa..
    Bismillah,
    Semoga yang akan menempuh SNMPTN bisa dimudahkan memperoleh jurusan yang diimpikan.

    ReplyDelete
  7. Iya banget nih, anak kudu ikut bimbel ya kalo mau tembus PTN. Di masa pandemi kayak gini apalagi. Ngandelin belajar dari PJJ sekolah aja rasanya kurang maksimal. Nanti nih si Aa pas mau tes PTN, kudu ikut bimbel. Setidaknya pas masuk kelas XII. Si teteh nih yang gak keburu. Jadinya ke swasta deh.

    ReplyDelete
  8. Tambahan bimbingan belajar ini emang perlu. Apalagi kalau punya target untuk tembus PTN incaran. Terutama buat yang nilai rapornya B aja kayak aku 😂

    ReplyDelete

Thank you for your comment. It will appear soon.