Gerak Tak Terbatas, Terkoneksi Untuk Berkolaborasi Dan Berkontribusi

Gerak Tak Terbatas, Terkoneksi Untuk Berkolaborasi dan Berkontribusi ini saya tulis di tengah pandemi. Pandemi saat ini membuat kita sadar, betapa berharganya aktivitas-aktivitas tak terbatas yang dulu malas sekali kita lakukan. Aktivitas sesederhana berjalan kaki ke warung dekat rumah saja perlu bermenit-menit untuk mengumpulkan semangat. 

pekan paralimpiade nasional riau
Pekan Paralimpiade Nasional Riau. Dokumen pribadi.

Ada satu kelompok masyarakat yang tetap menghadapi kendala untuk bergerak meski bukan masa pandemi, yaitu teman-teman penyandang disabilitas. Fasilitas umum yang tidak mendukung dan perlakuan yang kurang bersahabat sering menjadi kendala bagi penyandang disabilitas untuk bergerak sejauh yang mereka inginkan. Contohnya, trotoar yang diberi warna kuning untuk kursi roda sering tertutup oleh pedagang kakilima.  Contoh lain, sering kendaraan umum tidak mau mengangkut penyandang tuna netra karena dianggap merepotkan.

Sebenarnya penyandang disabilitas bukanlah orang-orang tanpa daya. Mereka juga berprestasi besar seperti warga negara lainnya. Saya menyaksikan sendiri kehebatan dan daya juang mereka pada Peparnas (Pekan Paralimpiade Nasional) di Riau. Yang non-disablitas belum tentu bisa berlari 400 meter tanpa kehabisan napas, sebagian malah bisa pingsan.

Peparnas itu membuktikan bahwa penyandang disabilitas memiliki motivasi dan ambisi yang sama saja dengan non-disabilitas. Yang membedakan adalah fasilitas umum dibangun berdasarkan kebutuhan warga non-disabilitas sehingga warga penyandang disabiltas tidak bisa bergerak sebebas warga non-disabilitas.

Gerak Tak Terbatas adalah sebuah kampanye yang diiniasi oleh Rexona untuk membantu teman-teman penyandang disabilitas bergerak lebih leluasa. Tahun 2018 tercatat ada 30 juta penyandang disabilitas di Indonesia. Perlu satu fasilitas praktis yang bisa digunakan untuk membantu penyandang disabilitas untuk bisa bergerak secara mandiri tanpa terlalu bergantung pada saudara.  

Rexona memberikan solusi untuk membantu penyandang disabilitas beraktivitas di luar rumah dengan peluncuran aplikasi Gerak By Rexona yang bisa diunduh di Google Playstore. Ada 3 fitur utama dalam aplikasi Gerak By Rexona, yaitu Koneksi, Kolaborasi dan Kontribusi.

Koneksi adalah fitur untuk membantu penyandang disabilitas menemukan tempat-tempat ramah disabilitas melalui aplikasi Google Map. Rekomendasi tempat-tempat ini berasal dari teman-teman non-disabiltas yang pernah pergi kesana. Jadi, kita semua bisa membantu merekomendasikan tempat-tempat seperti tu. Fitur ini juga dilengkapi dengan voice activated untuk teman-teman yang kesulitan mengakses perangkat secara manual.

gerak by rexona

Kolaborasi adalah kerjasama Rexona dengan pengelola jasa dan fasilitas umum, seperti  ojek online, MRT dan sebagainya. Kerjasama dengan ojek atau taksi online bisa membantu penyandang disablitas dan driver yang bisa menerima kondisi khusus tersebut untuk terhubung. Sedangkan untuk MRT, selain membantu penyandang disabilitas menemukan stasiun yang ramah disabilitas, pengelola juga menyebarkan pamflet agar mengajak penumpang non disabilitas membantu penyandang disabilitas jika mengalami kesulitan. Bantuan yang bisa dilakukan misalnya menahan pintu agar pengguna kursi roda bisa lewat dengan lancar.

Kontribusi memungkinkan kita yang tidak berhubungan atau bertemu langsung dengan teman-teman penyandang disabilitas untuk membantu. Caranya, gunakan fitur Gerak Count sebagai step counter jika teman-teman berjalan kaki. Rexona memiliki target mengumpulkan 2 milyar langkah yang akan dikonversi dalam bentuk bantuan bagi penyandang disabilitas. Butuh banyak donasi untuk memperbaiki fasilitas umum agar lebih ramah bagi penyandang disabilitas. Pengembangan aplikasi ini juga membutuhkan riset lebih jauh lagi.

Keterbatasan itu hanya ada pikiran. Setiap kendala merupakan tantangan bersama untuk diruntuhkan. Indonesia akan menjadi bangsa yang besar jika warganya saling membantu. Warga non disabilitas juga bukan manusia sempurna yang tak butuh bantuan, kan? Saat ini kita dibatasi oleh pandemi, kendala baru yang masih dicarikan solusinya bersama. Jika keadaan sudah membaik, Gerak Tak Terbatas patut didukung karena merupakan inisiatif untuk tidak menyerah terhadap batas-batas yang ada.

Post a Comment

13 Comments

  1. Yang non disabilitas harus lebih banyak bersyukur. Saudara kita yang difabel aja ga banyak ngeluh ya soal keterbatasan gerak saat musim covid-19 ini.

    Keren aplikasinya. Saya dulu pernah nulis tentang zona aman menyeberang utk difabel. Sekarang ada aplikasi ini, sip banget lah.

    ReplyDelete
  2. Setuju dengan adanya Gerak Tak Terbatas ini. Justru kita yg memiliki kemampuan harus lebih mengerti dan memahami akan kondisi mereka saudara kita yg membutuhkan ya

    ReplyDelete
  3. Saya juga sangat respect dengan saudara-saudara penyandang disabilitas dan mereka punya kemampuan lebih. Bersyukur ada kolaborasi dan kontribusi ini ya mbak setidaknya bisa membantu teman2 disabilitas untuk memiliki kenyamanan dalam bertransportasi dan lainnya.

    ReplyDelete
  4. Wah keren nih ya program Gerak Tanpa Batasnya Rexona ini. Semoga sukses shg para disabilitas dapat terfasilitasi dg jauh lebih baik lagi.. Aamiin..

    ReplyDelete
  5. Betul sekali mbak, keterbatasan sebenarnya hanya pikiran kita semata, kalau kita yakin kita bisa, pasti bisa

    ReplyDelete
  6. wah bagus rexona punya program ini membantu banget untuk mereka. dan ternyata ada tempat-tempat ramah untuk penyandang disabilitas ya jadi mereka bisa pilih dan gak ragu lagi kalau keluar.

    ReplyDelete
  7. Wah keren nih aplikasinya bisa membantu penyandang disabilitas ya. Aku pun merindukan gerak tak terbatas. Sekarang ke warung aja nunggu semua persediaan di rumah udah habis.

    ReplyDelete
  8. Setuju banget nih sa,a tulisannya. Keterbatasan itu hanya ada di pikiran. Siapapun kita membutuhkan bantuan untuk bisa bergerak bebas tak terbatas :)

    ReplyDelete
  9. kolaborasi yang dilakukan rexona untuk membantu penyandang disabilitas dan driver bagus banget nih. Bantuan sedikit tapi bermanfata besar buat mereka. Pakai step counter ya untuk mengumpulkan 2 milyar langkah ikutan ah

    ReplyDelete
  10. Mendadak jadi pengen nangis yaa...
    Semoga bisa terus bersinergi bersama dan yang terbaik untuk Gerak Tak Terbatas bersama Rexona.

    ReplyDelete
  11. wah... keren banget nih programnya.
    semoga bisa membantu para disabilitas...
    love rexona!

    ReplyDelete
  12. Masya Allah, luar biasa. Salut deh sama programnya rexona, bener bener membantu penyandang disabilitas

    ReplyDelete
  13. keren nih kolaborasinya rexona, mendukung teman2 yang difabel, ya. semoga kolaborasi ini langgeng dan dapat perhatian banyak pihak.

    ReplyDelete

Thank you for your comment. It will appear soon.