Sego Berkat Pare Anom Bu Sri Puji Kulonprogo, Makan Murah Dekat Bandara NYIA Jogja

Sego Berkat Pare Anom Bu Sri Puji ini layak dicoba jika berkunjung ke Jogja melalui Bandara NYIA (New Yogyakarta International Airport). Jaraknya hanya sekitar 2km, jalan mulus dan mudah dicari. Sayangnya, google maps malah bikin bingung. Semoga tulisan ini bisa membantu para pencari kuliner khas Kulonprogo.

sego bekat pare anom kulonprogo dekat nyia

Meski sudah bolak-balik dari dan ke bandara NYIA untuk mengantar jemput, tapi belum pernah menemukan tempat makan yang sesuai. Dalam artian, harga murah, rasa enak dan mengenyangkan. Jarak Jogja dan NYIA lumayan jauh sehingga kadang perlu mampir untuk makan dulu. Di dalam bandara tentu ada. Tapi jika kami selalu berempat atau bertiga, tentu harga bandara dikalikan jumlah kami akan sangat terasa di dompet.

Mencari tempat makan yang khas Kulonprogo ternyata cukup sulit. Kami menelusuri instagram, yang ketemu justru berbagai jenis junk food. Paling mentok ayam goreng. Sedangkan yang banyak diunggah adalah mie ayam porsi jumbo dengan toping tumpah ruah. Sebenarnya saya sangat tergiur dengan mie ayam tersebut, tapi karena perut tidak tahan dengan rasa pedas dan asam, jadi harus mencari pilihan lain. 

Baca juga: Erista Garden Jogja, Nikmatnya Nasi Biru dan Indahnya Taman Bunga

Sego Berkat Pare Anom ini ketemu ketika googling dan di pencarian youtube. Di instagram sangat minim foto dan informasi. Awalnya kami ragu karena tidak searah ke Jogja, melainkan ke arah Purworejo lalu belok ke utara. Tapi melihat jaraknya yang cukup dekat, kami memutuskan untuk mencoba makanan unik ini. Dari info yang ada di google, sego berkat ini punya cabang tepat di dekat pintu masuk bandara NYIA. Tapi saya tidak menemukannya. Jadi kami langsung ke resto pusatnya saja.


rute bandara nyia sego berkat kulonprogo

RUTE KE SEGO BERKAT PARE ANOM DARI NYIA

Jadi, di pintu keluar bandara NYIA, kita belok kiri. Kalau belok kanan menuju Yogyakarta. Setelahnya, ambil jalur tengah untuk bersiap belok kanan. Di pertigaan pertama, belok kanan. Di pertigaan ini ada pool bus Efisiensi. Setelah belok, kita akan menemukan jalan beton yang lebar dan mulus di antara sawah. Ikuti jalan tersebut sampai ketemu perlintasan kereta api. Setelah itu ada deretan toko kecil-kecil di kiri jalan. Setelah itulah, letak Sego Berkat. Kita hanya perlu memperhatikan baik-baik untuk menemukan spanduknya karena tertutup pohon jati dan macam-macam.

Baca juga: Ingkung Mbah Cemplok Desa Wisata Guwosari Bantul

Ketika kami kesana, belum ada yang memberikan info rute ini sehingga kami bergantung pada gmaps. Hasilnya, kami nyaris diblusukkan ke kampung-kampung yang sempit. Memang sih, labirin itu akan tembus juga ke Sego Berkat, tapi makin ke dalam makin tidak muat buat mobil. Semoga petunjuk rute ini bisa membantu teman-teman. Khusus untuk ke Sego Berkat ini, tinggalkan gmaps!


sego berkat pare anom kulonprogo


MENU SEGO BERKAT KULONPROGO

Tempat makan ini sepertinya tidak dipersiapkan untuk menjadi resto. Jika dari jalan besar, tampak sebagai rumah dengan paviliun. Paviliun ini dari luar tampat kecil tapi di dalam cukup besar. Hanya saja, fokusnya difungsikan sebagai dapur. Meja kursi makannya sedikit saja dan sederhana.

Dari info di google dan youtube, Sego Berkat Pare Anom memang lebih banyak menerima pesanan takeaway. Pesanannya sangat banyak sehingga crew-nya juga banyak. Kemasan takeaway-nya sangat menarik, yaitu besek dengan alas daun jati. Karena fokus di takeaway itu pula, kami agak lama menunggu sajian yang dalam pikiran kami tinggal nyendok untuk ditata di piring. Padahal yang mau makan hanya kami saja. Selain itu, tidak ada minuman dingin. 

Sambil menunggu pesanan datang, kami ngemil stik growol. Stik growol ini merupakan produksi Bu Sri Puji juga yang terimbas pandemi. Jadi, sego berkat ini adalah berkah pandemi. See, dibalik musibah, Allah tetap menyediakan rejeki bagi yang tak putus asa berusaha. Rasanya enak. Kami cemili sampai habis.

stik growol kuliner khas kulonprogo


Ternyata, yang dijual disini adalah sego berkat dan sego rosul. Bedanya kami tidak tahu karena sudah telanjur tertarik dengan sego berkat. Ketika pesanan datang, kami sangat terkejut karena porsinya besar. Menurut kami, sego berkat itu perpaduan gudeg dan nasi rames. Penyajiannya beralaskan daun jati. Citarasanya manis. Tapi buat yang suka pedas, disediakan sambal. Kami sih cocok dengan menunya walaupun saya kesusahan menghabiskan. Buat cowok atau yang biasa makan banyak tidak ada masalah. Perkiraan kami, kalau dibungkus akan lebih lezat lagi seperti berkat kenduri. Teman-teman bisa membawanya sebagai oleh-oleh atau untuk dimakan setibanya di obyek wisata.

Harga? Ya ampuuun murah! Seporsi lauk komplit cuma Rp 18.000,-


Sego Berkat Bu Sri Puji

Karang Wuluh Lor, Karangwuluh

Kec. Temon, Kabupaten Kulonprogo, DIY


Post a Comment

0 Comments