Erista Garden Jogja, Nikmatnya Nasi Biru Dan Indahnya Taman Bunga

Erista Garden Jogja ini merupakan salah satu tempat makan yang wajib masuk daftar favorit keluarga. Tempatnya nyaman dikeliling taman bunga, pelayanannya bagus dan makanannya lezat. Menu juara disini adalah nasi biru yang dihasilkan dari bunga telang.

erista garden jogja

Lokasi Erista Garden sebenarnya mudah dicari justru tanpa Google Maps. Sesampainya pertigaan Pasar Pakem, tanya saja ke orang-orang di pinggir jalan. Kalau berpanduan Google Maps, kita bisa dibelokkan ke jalan lain yang lebih jauh, bahkan malah bisa nyasar ke RS Jiwa Grhasia. Paling mudah, ikuti petunjuk kami.

erista garden

Cara mencapai Erista Garden: dari kota Yogyakarta menuju Jl Kaliurang, terus ke utara menuju obyek wisata Kaliurang. Sesampainya di depan RS Jiwa Grhasia (ini nggak bakal terlewat karena besar sekali), pelankan kendaraan dan siap-siap untuk menyeberang. Posisi RS di sebelah kanan jalan. Hati-hati ya, meski jalan sangat lebar, tapi karena dekat pasar, ada saja yang ngebut. Tepat di utara RS ada jalan kecil, masuk saja. Ikuti jalan kecil tersebut sampai ketemu penunjuk jalan ke arah Erista Garden. Jarak antara ujung jalan sampai plang tersebut memang agak jauh, jadi tak perlu ragu. Plangnya tidak terlalu besar, jadi jangan sampai terlewat. Terakhir, belok kiri masuk jalan kecil dan maju sedikit sudah sampai. Letak resto ini di tengah sawah dan rerimbunan.

Baca juga: Kopi Bukan Luwak Pakem

Halaman depan Erista berupa halaman rumput yang cukup luas untuk parkir mobil dan bus kecil. Oh iya, sebenarnya Erista itu nama orang, ya. Nama bapak-bapak. Kikuk juga sih memanggil namanya saja di artikel ini. Beliau dulu sempat bekerja di perusahaan-perusahaan multi nasional untuk mengamalkan ilmu beliau di teknologi pangan. Setelah pensiun, beliau kembali menekuni hobi memelihara tanaman, terutama bunga. Itulah sebabnya, nasi biru yang warnanya dihasilkan dari bunga telang menjadi ikon resto bernuansa taman ini.

erista pakem

Begitu masuk, kita langsung berada di taman bunga. Ini dijual juga loh. Jadi setelah makan, bisa membeli tanaman untuk dibawa pulang. Resto ini paling enak untuk makan siang tapi kami datang pagi-pagi karena dalam rangka gathering. Banyak acara pembukanya. Kami menempati gazebo belakang yang luas untuk seluruh penghuni kompleks perumahan kami. Gazebo ini cocok untuk lesehan dan bermain games. Di luar gazebo ada halaman rumput yang rapi sehingga bisa untuk lari-larian anak-anak. Gazebo sholat dan toilet juga bersih dan rapi. Semua pelayan resto sangat ramah dan selalu menyapa pengunjung yang mereka lewati meski bukan dari meja yang mereka layani.

Baca juga: Kopi Pakem

Waktu itu ada juga yang memanfaatkan tamannya untuk shooting video lagu anak. Di jalan luar resto terparkir jeep dan land rover. Saya tidak tahu apakah itu bisa dimanfaatkan tapi jenis mobil tersebut umum digunakan untuk lava tour ke gunung Merapi yang tak jauh dari situ.

Baca juga: Kopi Klotok Jogja

Kami menggunakan uang kas yang telah dikumpulkan sedikit demi sedikit tiap bulan selama setahun. Sayang tidak ingat berapa budget per kepala. Sepertinya sekitar Rp 50.000,- sudah termasuk makan siang dan jajan. Untuk transportasi, kami membawa mobil pribadi, tidak sewa bus.

erista garden sleman

Kami kira menunya akan sederhana saja dan porsinya dipas jumlah orang karena kami memilih paket yang paling murah. Ternyata porsinya sangat berlimpah sampai sisanya kami plastik dan bawa pulang. Lauknya juga istimewa, jauh dari sederhana. Insya Allah akan puas. Karena itu, Erista bisa dijadikan pilihan utama untuk acara gathering. Sedangkan untuk menu perorangan, kami belum pernah mencobanya sehingga tidak bisa berkomentar. Untuk jam buka, silakan dikonfirmasi sendiri saja, jaga-jaga kalau berubah selama pandemi.

Erista Garden
Jl. Kaliurang KM 17,5, Dusun Demen, Area Sawah
Pakembinangun, Pakem, Sleman Regency
Special Region of Yogyakarta 55582
Telepon: 0812-5131-0434

Post a Comment

0 Comments