Buku Sate Ratu Kok Bisa Gitu? Mengungkap Rahasia Memiliki Pelanggan Dari 85 Negara

Sudah baca artikel tentang bagaimana Sate Ratu menjadi juara nasional Kompetisi Mengulik Rasa dan tentang populernya Sate Ratu di kalangan wisatawan manca negara yang berkunjung ke Jogja di blog ini? Nah, perjalanan usaha pemilik Sate Ratu, yaitu Fabian Budi Seputro, telah disusun dengan lebih rapi dan lengkap dalam bentuk buku yang berjudul Sate Ratu Kok Bisa Gitu? Rahasia Memiliki Pelanggan Dari 85 Negara.

buku-kok-bisa-gitu-sate-ratu

Salah satu ciri entrepreneur sejati adalah tidak lelah berbagi. Buat mereka, tak ada yang perlu ditakuti dalam berbagi karena inovasi mereka selalu orisinil dan tak pernah habis. Pak Budi adalah salah satu contohnya. 

Sate Ratu yang dirintis bersama istri tercinta telah membuktikan bahwa segmen, menu, bahkan cara memasarkan yang berbeda punya peluang untuk sukses. Tentu jalannya tidak selalu mulus. Butuh tekad yang bulat, ketekunan dan totalitas untuk menciptakan dan mempertahankan orisinalitas. Semua itu dituangkan pak Budi dalam buku ini. 

Teman-teman yang ingin atau sedang memulai usaha kuliner perlu membaca buku ini meski beda menu utama. Cara pak Budi mencoba, mengawali dan mempertahankan usaha, serta cara beliau mengambil pelajaran dari perjalanan usahanya sendiri bisa menjadi inspirasi dan motivasi. Pak Budi sama sekali tidak menyembunyikan dalam hal apa saja beliau gagal, kecewa dan berkorban seperti yang teman-teman temui dalam keseharian umumnya seorang pengusaha yang sedang merintis kesuksesan. Teman-teman dapat mengambil pelajaran bagaimana mengambil keputusan yang berani untuk keluar dari lingkaran tantangan seorang pemula di usaha kuliner.

Milestone Pertama Sate Ratu


Buku ini dibagi menjadi 2 sub bab besar, yaitu milestone pertama dan kedua. Di milestone pertama ini pak Budi menceritakan sepintas tentang kehidupannya sebelum terjun di dunia kuliner. Selebihnya tentang perjalanan usaha kulinernya, yaitu tentang usaha bersama teman-teman beliau, masa transisi dari berkongsi ke mandiri, lalu bagian paling serunya adalah tentang usaha beliau untuk mandiri bersama sang istri. 

Salah satu kisah menariknya adalah tentang perubahan algoritma Trip Advisor. Pak Budi adalah pengusaha yang sadar betul akan manfaat teknologi agar Sate Ratu bisa mendapatkan rating dari pengunjung dan mudah ditemukan oleh pendatang baru atau wisatawan. Sayangnya, Trip Advisor tak lagi menggunakan area propinsi melainkan kota atau kabupaten. Tentu saja Yogyakarta atau Daerah Istimewa Yogyakarta lebih dikenal daripada Sleman sebagai kabupaten lokasi Sate Ratu.

Fabian Budi Seputro

Banyak keputusan-keputusan berani yang beliau lakukan bersama istri. Teman-teman bisa mempelajari dan merenungkan pertimbangan-pertimbangan yang ada dibalik keputusan-keputusan tersebut. Yakin deh, pasti ada yang menyeletuk, "Wah, masalahnya kok sama ya? Senasib!"

Banyak pula hal-hal yang butuh respon cepat, seperti ketika menghadapi berbagai kendala saat mengikuti lomba. Respon yang benar ketika terdesak itu butuh cara berpikir yang taktis. Di buku ini diceritakan bagaimana mengambil keputusan saat kepepet.

Jika teman-teman adalah pelanggan restoran, di buku ini bisa membaca apa yang dilihat pemilik usaha kuliner dari para konsumennya sehingga bisa sama-sama nyaman. Yang jelas, harus bayar, jangan ngemplang.

Di milestone pertama ini pula terkuak rahasia bagaimana awal mulanya Sate Ratu mengincar konsumen wisatawan manca negara.


Milestone Kedua Sate Ratu


Milestone kedua ini benar-benar seru! Teman-teman bisa belajar banyak dari Sate Ratu tentang pemasaran dan kegigihan berinovasi. Milestone ini ditandai dengan 2 peristiwa besar, yaitu puncak prestasi sebagai juara lomba menu dan bertahan ditengah pandemi COVID19. 

Seseorang akan terlihat benar-benar mencintai pekerjaannya jika tidak pernah berhenti berinovasi. Pak Budi tidak puas hanya mengejar omset outlet Sate Ratu. Bersama istri, beliau mengadu menu-menu ciptaannya di arena kompetisi. Banyak hal yang diungkap untuk mengantarkannya menjadi pemenang lomba, termasuk langkah-langkah memilih lomba yang bakal punya pengaruh terhadap usahanya dan apa saja yang bisa diraih selain sekedar hadiah.

Sate Ratu takeaway untuk antisipasi masa pandemi.

Menandai tahun kelima berdirinya Sate Ratu, COVID19 menghantam! Mungkin buku ini adalah satu dari sedikit buku yang sudah memasukkan bahasan tentang dampak pandemi bagi dunia usaha perorangan. Ini sangat baru dan relevan dengan kondisi terkini.

Pandemi memang menghancurkan banyak usaha, termasuk kuliner. Sama seperti restoran, rumah makan dan warung-warung lainnya, Sate Ratu juga sempat tutup dan sempat buka tapi hanya melayani takeaway. Sayangnya, meski Sate Ratu bisa bertahan dan tetap membayar THR karyawannya secara penuh, tapi pengelola lokasi outletnya justru tidak bisa bertahan sehingga memaksa Sate Ratu mencari lokasi baru di Condong Catur dan akan segera pindah untuk mempertahankan kapasitas yang tetap tinggi.

Teman-teman bisa menarik pelajaran tentang bagaimana Sate Ratu bertahan di tengah pandemi, termasuk dengan perubahan layanan dan penyesuaian menu. Bahkan di masa sulit ini, Sate Ratu masih berkesempatan menerima tamu manca negara ke 85 dari Nepal.

Yang tak kalah menariknya adalah kisah-kisah hubungan dengan supplier, penyedia jasa dan pelanggan. Teman-teman yang punya usaha pemasok bahan baku makanan, kurir, pemandu wisata atau sales jasa perbankan bisa mengambil pelajaran dari sini juga. Teman-teman bisa melihat dari sisi konsumen segmen usaha untuk meningkatkan pelayanan dan menambah omset. Konsumen dari segmen usaha pasti besar pengaruhnya terhadap sales perusahaan.

Contohnya kisah ojek online yang melayani pemesanan online di Sate Ratu. Meski layanan online di masa pandemi itu mutlak, tapi bukan berarti operator bisa seenaknya mentang-mentang dibutuhkan. Service yang prima membuat salah satu operator diutamakan oleh Sate Ratu.

Bagaimana? Komplit banget ya isi buku ini? Semua sisi dari Sate Ratu dibahas lengkap hingga sangat direkomendasikan untuk dibaca oleh siapapun juga, antara lain pengusaha atau calon pengusaha kuliner, supplier, konsumen, pemandu wisata hingga para pembelajar lainnya.

Jaman memang sedang sangat sulit karena pandemi. Tetaplah semangat untuk berinovasi serta menempuh jalan yang baik dan jujur. Semoga selalu sehat dan sukses!

Sate Ratu Kok Bisa Gitu?
Fabian Budi Seputro
Penerbit Diandra Kreatif, 2020

Post a Comment

0 Comments