Kampoeng Nelayan Resto Dumai, Sensasi Kuliner Di Atas Selat Malaka

kampoeng nelayan resto dumai
Dari Kampoeng Nelayan Resto Dumai. Dokumentasi pribadi.

Kampoeng Nelayan Dumai merupakan rekomendasi teman ketika kami bertanya dimana makan seafood dengan suasana pantai di Dumai? Tanpa persiapan dan waktu sudah agak sore, kami langsung mencari resto tersebut berbekal google map dan harapan tidak diajak mblusuk gmap. Ancar-ancar dari teman, resto ini tidak jauh dari pusat kota dan dekat magrove.

Kami pun menyisir pesisir kota Dumai, mengikuti jalan beton yang berdebu. Kami sempat kebingungan dan su'udzon dengan gmap karena sepertinya jalan menuju tempat industri, bukan ke suatu tempat kuliner. Belum lagi tidak ada plang nama Kampoeng Nelayan di tepi jalan (mungkin kami tidak melihat).

Baca juga: La Marina Cafe Dumai yang Keren

Letak Kampoeng Nelayan Resto Dumai

kampoeng nelayan resto dumai
Kampoeng Nelayan Dumai tampak dari kejauhan. Dokumentasi pribadi.

Waktu itu di depan kami adalah jalan yang hancur, sementara di samping kami ada halaman parkir. Kami menduga disanalah Kampoeng Nelayan Resto. Jadi, kami putuskan untuk parkir disana karena malas melewati jalan hancur tersebut meski mobil kami bisa 4X4.

Begitu masuk parkiran, kami langsung disambut tukang parkir yang membantu menata letak mobil. Dia membenarkan disanalah resto tersebut. Kami meninggalkan mobil setelah membayar parkir Rp 10.000,-

Setelah berjalan agak masuk, barulah terlihat Kampoeng Nelayan Resto nun jauh di anjungan yang menjorok ke Selat Malaka. Di pinggir pantai banyak pula resto-resto lain yang lebih kecil. Pengunjung bisa memilih sesuai dengan selera dan isi dompet.

Ketika pulang, barulah kami melihat tempat parkir yang lebih dekat dengan jalan masuk ke anjungan resto, yaitu lewat gapura setelah jalan rusak tadi.

Fasilitas Kampoeng Nelayan Resto Dumai

kampoeng nelayan resto dumai
Pemandangan dari Kampoeng Nelayan Dumai. Dokumentasi pribadi.

Anjungan Kampoeng Nelayan Resto lumayan jauh masuk ke selat bikin agak deg-degan. Waktu kami datang, air sedang surut. Jika sedang pasang, mungkin tambah deg-degan.

Sebenarnya ruang makan ada 4 dan semuanya cukup luas. Tapi ruang makan lain tidak dibuka jika ruang makan utama di depan kasir belum penuh. 

Kampoeng Nelayan juga menyediakan hiburan jika ada yang booking untuk acara khusus. Sepertinya tempat ini akan cocok untuk rombongan besar.

Tidak ada bangunan permanen disini, tapi ada musholla dan kamar mandi. Kami tidak menginspeksi fasilitas ini, jadi maaf tidak bisa memberikan informasi.

Menu Kampoeng Nelayan Resto Dumai

menu kampoeng nelayan dumai
Menu Kampoeng Nelayan Dumai. Dokumentasi pribadi.

Menu Kampoeng Nelayan Resto Dumai bermacam-macam seperti resto pada umumnya. Jadi tidak khusus seafood. Meski begitu, seafood segar pasti ada di akuarium. Pengunjung tinggal memilih ikan, lalu resto akan memasak sesuasi selera kita.

Sebenarnya kami mencari ikan senangin yang khas daerah ini. Sayangnya stok senangin mereka frozen, sedangkan kami mau yang segar. Akhirnya kami menjaring black salmon saja.

Kami tidak memesan banyak makanan karena hanya berdua. Kami memesan:

  • Black salmon fresh dimasak cabe hijau Rp 140.700,-
  • Sapo tahu seafood Rp 38.000,-
  • Soup kerang Nelayan Rp 30.000,-
  • Nasi 2 porsi Rp 12.000,-
  • Es teh Rp 10.000,-
  • Kelapa murni Rp 18.000,-
Harga di atas sudah termasuk pajak. 

Masakan ikan salmon-nya enak, kami puas. Masak cabe hijau itu berdasarkan saran adik-adik pelayan disana. Kekurangannya ada di hal yang kurang penting, yaitu es teh yang terlalu manis banget buat saya.

black salmon kampoeng nelayan dumai
Ikan black salmon. Dokumentasi pribadi.

Waktu Terbaik ke Kampoeng Nelayan Dumai

kampoeng nelayan resto dumai
Pemandangan dari Kampoeng Nelayan Dumai. Dokumentasi pribadi.

Menurut kami sih waktu terbaik untuk kesana adalah senja, supaya dapat melihat laut tapi juga bisa melihat kemeriahan lampu-lampu ketika hari sudah gelap. Ruang makan dengan atap terbuka dan dihiasi lampu baru dibuka mulai jam 17.00,-

Tapi jika ingin makan kenyang, bisa datang waktu jam makan siang. Sebelumnya bisa jalan-jalan dahulu di hutan mangrove di sekitar sana yang dikelola perorangan. Kami tidak ke mangrove karena sudah sore, takut digigit nyamuk ganas.

Menurut kami, Kampoeng Nelayan Dumai bisa menjadi tujuan wisata kuliner jika ke Dumai.

Kampoeng Nelayan Dumai
Jl. Nelayan Laut, Pangkalan Sesai, Kec. Dumai Bar., Kota Dumai, Riau
Hp: 081275624949

Post a Comment

0 Comments