Seturan, Sebuah Padukuhan di Yogyakarta yang Sering Trending di Twitter

seturan
Seturan. Dokumen pribadi.

Seturan bersama dengan Babarsari di Yogyakarta beberapa kali trending di twitter karena tawuran sehingga dijuluki Gotham City atau Las Vegas. Sebenarnya, seperti apa sih Seturan itu?

Letak Seturan

Dikutip dari laman suarajogja.com, Dukuh Seturan Mada Ferian menyebut, wilayah padukuhan Seturan dari sisi selatan dimulai dari Jln Perumnas timur jalan dan utara Selokan Mataram. Termasuk pula Jln Seturan Raya sampai UPN Veteran Jogja. 

Jika teman-teman yang sering lewat UPN sebagai jalan tembus ring road utara ke Janti (Jl. Laksda Adisucipto) dan sebaliknya, itulah Jl. Seturan Raya. Nah, mulai dari jalan tersebut ke barat itulah Seturan. Namun, orang sering tidak peduli atau tidak hapal batas-batas tersebut dan menyebut Seturan begitu saja jika main ke sana. Setelah Selokan Mataram, barulah dianggap Babarsari.

Sepintas Suasana Seturan

Kalau teman-teman hanya lewat di Seturan Raya, yang terlihat memang cuma cafe, restoran dan tempat hiburan malam. Sebenarnya di bagian lain dari Jogja ada yang sama seperti itu, tapi bedanya lokasi-lokasi tempat hiburan di Seturan tersebut dekat dengan kampus. Belum lagi letak Seturan yang merupakan jalan tembus dari 2 jalan utama di Jogja, membuatnya sangat terbuka untuk pendatang dari manapun, baik untuk menetap, sementara maupun sekejap. Mungkin karena itu disebut Las Vegas. 

Buat yang tidak setiap hari tinggal disana, Seturan itu asik kok. Makanannya enak-enak. Banyak restoran, cafe bahkan pedagang kakilima yang viral di sekitar Seturan. 

Disana juga ada sports center favorit keluarga dan kolam renang khusus wanita yang menjadi favorit gadis-gadis dan ibu-ibu di Jogja. Jika ibu-ibu saja nyaman disana, berarti nyaman juga buat orang lain.

Keadaan memang benar-benar berubah jika ada tawuran, yang seringnya diawali dengan keributan di tempat hiburan malam. Seturan berubah mencekam seperti Gotham City di film Batman. Sejauh ini, korban yang jatuh hanya dari mereka yang terlibat perkelahian. Tapi kerugian materi menimpa semua yang memiliki usaha disana. 

Mungkin sebaiknya tempat hiburan malam dipindahkan agak jauh dari kampus karena di sekitar kampus pastilah banyak usaha-usaha pendukung seperti warung, kos, toko-toko dan sebagainya yang turut terimbas.

Kami pribadi belum pernah ada masalah selama wira wiri dan nongkrong disana.

Baca juga: Rumah Kuliner Ateeya Jogja, Khas Timur Tengah

Cara Menikmati Seturan

Kalau mencari makanan enak di daerah timur Jogja, Seturan lah pusatnya. Ada cafe, restoran dan kedai kakilima yang buka pagi saja, siang saja, malam saja, siang sampai malam dan sebagainya. Komplit. Jika toko tutup, adapula yang berganti lesehan.

Yang penting, jangan terlalu malam nongkrong di daerah sana, apalagi sampai dini hari karena tempat hiburan malam mulai bergeliat. Jangan sampai bertemu orang mabuk karena orang mabuk itu tidak bisa diajak berpikir waras bagaimanapun baiknya ketika tidak mabuk.

Nah, seperti itu gambaran dari kami yang sering lewat dan makan di Seturan. Gambaran lengkapnya tidak bisa kami berikan karena kami belum pernah tinggal disana. Semoga kedepannya Seturan makin rapi, bersih, nyaman dan aman.

Jika ingin tahu seperti apa situasi Seturan, video sudah diunggah di intagram @jalansitu dan youtube jalansitu.

Post a Comment

0 Comments