Gudeg Mbarek Bu Hj Amad Utara UGM Jogja

sentra gudeg jogja
Sentra gudeg Jogja di Sleman. Sumber: milik pribadi.

Mbarek atau Barek adalah sentra gudeg Jogja yang terletak di Sleman, tepatnya di utara UGM yang dibatasi dengan Selokan Mataram. Semua merk gudeg legendaris, seperti gudeg Bu Hj Amad atau Bu Amad dan gudeg Yu Djum berasal dari sini. Konon, Mbarek juga merupakan dapur pembuatan gudeg yang dijual di pusat gudeg Jl Wijilan yang terletak di dekat Alun-alun Utara Kraton Yogyakarta.

Gapura dengan tulisan Sentra Gudeg akan terlihat jika teman-teman datang dari arah kompleks Pasca Sarjana dan Magister Manajeman UGM. Sedangkan dari arah lain, tulisan tersebut kurang terlihat sehingga banyak yang tidak tahu pentingnya daerah ini kecuali ramai mobil parkir. Semua gudeg di Mbarek enak, hanya saja memiliki ciri yang sedikit berbeda satu dengan yang lainnya. Pembeli tinggal menyesuaikan dengan selera masing-masing. Kami paling sering beli disini.

Gudeg Bu Hj Amad memiliki ciri khas yang manis dan sedikit basah meski tetap bisa digolongkan ke gudeg kering. Yang suka pedas, bisa meminta tambahan sambel krecek atau cabe utuh, yang biasanya berwarna merah, oranye atau kuning.

Baca Juga: Gudeg Bu Tjitro

Gudeg Bu Hj Amad bisa di makan di tempat dengan suasana yang memadai. Teman-teman bisa juga membeli untuk dibawa pulang, baik dibungkus kotak dos maupun besek. Layanan disini sangat cepat, jadi teman-teman tidak usah berebut, antri saja yang rapi. 


gudeg bu hj amad
Gudeg Bu Hj Amad paket 2.

Meski pelayan banyak tapi mereka fokus pada pelayanan cepat itu sehingga kadang ada pesanan yang tertinggal. Misal, waktu itu kami sudah antri tapi tidak segera ditanya atau diberitahu cara memesannya. Akibatnya kami disalip pengunjung yang tidak mau antri. Akibat selanjutnya, giliran kami dilayani, minuman tidak segera datang sampai gudeg yang kami makan hampir habis dan kami bertanya mana minumannya. Sebaiknya pengelola menugaskan satu orang untuk memonitor pesanan dan pembayaran, jangan semua ikut melayani.

Disini juga ada berbagai jajanan, orang jual mainan dan penyanyi yang menghibur. Tapi tidak ada yang memaksa untuk membeli atau membayar. Seikhlasnya saja.

Menurut kami, harga-harga disini tidak lebih mahal dari gudeg lain. Masih sangat masuk akal, kecuali jika membeli lewat aplikasi online yang biasanya harga berbeda. Berikut harga gudeg Bu Hj Amad beberapa waktu lalu, sudah termasuk pajak:

Paket 4 (nasi, gudeg, krecek, ayam dan telur) = Rp 28.000,-
Paket 2 (nasi, gudeg, krecek, telur dan tahu) = Rp 20.000,-
Teh manis = Rp 5.000,-
Es jeruk manis = Rp 7.000,-
Kerupuk = Rp 15.000,-

Gudeg Mbarek Bu Hj Amad
Utara Gedung Pusat UGM
Telepon: (0274) 520049

Post a Comment

0 Comments