Gembira Loka Zoo Jogja, Kebun Binatang Yang Bersih dan Nyaman Untuk Keluarga

GL Zoo danau
Danau di Gembira Loka Zoo Jogja. Dokumen pribadi.

Gembira Loka Zoo Jogja merupakan obyek wisata wajib bagi rombongan wisatawan. Namun sejatinya, kebun binatang ini juga nyaman dikunjungi perorangan. Tentu saja jika dilakukan di hari kerja, ketika jarang ada rombongan study tour. Tidak ada gambaran bonbin yang kotor dan kusam disini. Semoga tetap begitu setelah artikel ini dipublikasikan.

Draft tentang Gembira Loka Zoo ini sudah lama tidak disentuh, entah mengapa. Jadi. foto-foto di artikel ini diambil sebelum pandemi. Kemungkinan ada banyak perubahan setelah kita berhasil lepas dari belenggu pandemi dan pengunjung selalu penuh. Insya Allah perubahannya positif melihat akun instagramnya yang kekinian dan banyak inovasi. 

Letak Gembira Loka Zoo Jogja

GL Zoo pintu masuk
Pintu masuk Gembira Loka Jogja. Dokumen pribadi.

Gembira Loka Zoo terletak di sebelah tenggara kota Jogja, yaitu di Kecamatan (Kemantren) Kotagede yang berbatasan dengan Kabupaten Bantul. Jika teman-teman datang dari arah Solo, bisa belok kiri di flyover Janti, lalu ikuti petunjuk arah ke GL Zoo yang cukup jelas. Bisa juga mengikuti google map atau waze.

Mengapa disebut Gembira Loka Zoo atau GL Zoo, bukannya Kebun Binatang Gembira Loka? Kamis sendiri tidak tahu. Kemungkinan agar lebih mudah dicari oleh wisatawan manca negara, meskipun mayoritas pengunjung adalah wisatawan dalam negeri. Mungkin juga untuk memberi semangat baru karena GL Zoo pernah mengalami masa suram seperti bonbin lainnya di Indonesia. 

Namun nama Gembira Loka sudah melekat dengan Jogja sehingga mau diberi pelengkap kata Zoo atau Kebun Binatang sepertinya tidak masalah.

Koleksi Gembira Loka Zoo Jogja

GL zoo bangku
Bangku di Gembira Loka Zoo Jogja. Dokumen pribadi.

Dari wikipedia sih ada 100 spesies satwa binatang dan dan 61 spesies flora atau tanaman di GL Zoo. Waktu kami kesana, kami tidak tidak terlalu memperhatikan keragaman spesies tanaman, melainkan fokus ke binatang. Meski begitu, kami acungi jempol soal penataan tanaman karena selain rimbun untuk mengatasi cuaca panas, juga ditata dengan apik untuk latar belakang foto. 

Spesies hewan yang menarik perhatian kami adalah gajah, unta dan angsa hitam. Kami menghindari kategori reptil karena salah satu dari kami phobia terhadap salah satu jenis reptil.

Fasilitas GL Zoo tidak hanya binatang dan tanaman hidup, tapi juga dikeringkan atau berupa informasi di dalam Museum Flora dan Museum Fauna yang jumlahnya ribuan. Lengkap sekali, kan?

Baca juga: Sate Pak Jogo, Dekat JEC dan Gembira Loka Zoo Jogja

Fasilitas Gembira Loka Zoo Jogja

GL zoo unta
Unta di Gembira Loka Zoo. Dokumen pribadi.

Fasilitas di dalam GL Zoo Jogja ini lengkap, dari mulai free wifi, tempat main, toilet, mushola, toko souvenir dan tempat jajan. Semua bersih dan tertata rapi, termasuk sungai yang merupakan sungai umum tapi melintasi GL Zoo dekat tempat jajan. Jadi, tolonglah pengunjung ikut menjaga kebersihan karena kami masih melihat pengunjung yang membuang sampah sembarang. Duh, kok susaaah banget diajak bersih, ya?

Tapi semua kenyamanan tersebut tergantung dengan banyak pengunjung juga. Di musim liburan, ketika rombongan study tour dan keluarga tumplek blek disini, kenyamanan akan berkurang karena harus selalu antri dan gantian.

Penjual makanan dan souvenir di luar GL Zoo tentu banyak. Ketika keluar GL Zoo, diputerin ke kios-kios souvenir juga kok, seperti obyek wisata lain di Jogja. Tapi jarak dari parkiran tidak sesadis obyek wisata lain itu.. Terpulang ke pilihan pengunjung. Kami sendiri jajan di dalam GL Zoo, dan cukup puas. Jadi, kami tidak bisa memberi informasi jika jajan di luar GL Zoo.

Cara Menikmati Gembira Loka Zoo Jogja

GL zoo jajan
Jajan di Gembira Loka Zoo Jogja. Dokumen pribadi.

Mengenakan baju yang nyaman dan sepatu kets itu wajib! Buat yang hobi olahraga, cocok banget nih karena luas GL Zoo 22 hektar. Jika diputari semua, banyak kalori yang terbakar. Kami sendiri melewatkan beberapa bagian karena sudah ngos-ngosan. Sebenarnya disini banyak bangku untuk istirahat kok.

Yang hobi foto-foto, pandai-pandailah menyesuaikan baju. Cewek-cewek tetap bisa pakai hijab berkibar-kibar. Yang penting pilih bahan yang tepat untuk berjalan kaki karena meski cuaca tidak sedang panas tetap keringatan karena berjalan jauh. Di antara kami juga ada yang pakai hijab dengan pilihan model yang simple dan bahan yang adem.

Kami butuh waktu setengah hari untuk jalan-jalan santai disini dan melewati sebagian fasilitas saja karena banyak spot foto alami sehingga berkali-kali berhenti. Kalau mau lebih cepat bisa saja, mau lebih santai dari kami juga tidak apa-apa. Yang penting wajib bawa air minum dan payung. Buat kami, topi dan makanan hanya pilihan saja, Demikian pengalaman kami jalan-jalan di GL Zoo. Semoga bermanfaat.

Ohya, untuk parkir, maaf kami tidak bisa memberi saran untuk masa liburan atau peak season karena kami melihat tukang parkir tidak resmi sering mencegat mobil-mobil luar kota yang akan ke GL Zoo dari jarak yang masih lumayan jauh. Usahakan dulu untuk parkir di dalam halaman GL Zoo. Setahu kami ada 2 lokasi, di depan dan belakang (Jl Veteran). Tempatnya sangat luas. Jika sudah mencoba tapi ternyata tetap penuh, apa boleh buat.

Gembira Loka Zoo
Instagram @glzoojogja
Jl. Kebun Raya No.2 Rejowinangun, Kec Kotagede, Yogyakarta 55171

Post a Comment

0 Comments