Cara Naik Kereta Bandara Jogja dan Tips Jika Kehabisan Tiket

kereta bandara jogja YIA
Stasiun di dalam bandara YIA

Kereta bandara Jogja sudah sangat diminati sebagai penolong para pelancong yang datang dan pergi melalui Bandara YIA atau Yogyakarta Internatonal Airport. Bagi calon penumpang kereta bandara Jogja, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini agar tidak kehabisan tiket.

Kereta Bandara Jogja dari Stasiun Tugu ke YIA

Perlu diketahui bahwa kereta bandara ini merupakan kereta umum, jadi tidak hanya untuk calon penumpang pesawat. Penumpang kereta bisa juga berhenti di stasiun yang dilewati, contohnya stasiun Wates.

Jarak tempuh Stasiun Tugu ke YIA hanya 39 menit dengan harga tiket hanya Rp 20.000,-. Cepat dan murah. Kereta bandara Jogja juga anti terjebak macet dan selalu tepat waktu. 

Karena cepat dan anti telat itulah, banyak calon penumpang pesawat yang memilih naik kereta. Jalan raya Jogja - Kulonprogo sebenarnya lebar dan bagus. Hanya saja itu merupakan jalan nasional sehingga harus bersaing dengan bus besar, truk dan kendaraan lain.

Sayangnya, karena murah, banyak pengantar yang beramai-ramai ikut naik kereta bandara dari Tugu hingga YIA. Karena itu, calon penumpang kereta wajib membeli tiket dulu secara online agar tidak kehabisan. 

Frekuensi kereta bandara Jogja cukup banyak dan bisa berubah sewakttu-waktu. Pertengahan tahun ini sekitar 24 trip. Karena itu, jangan berpanduan pada jadwal yang tersebar di media sosial atau internet. Cek langsung saja di aplikasi Kereta Bandara yang bisa diunduh di Playstore atau Appstore.

Aplikasi Kereta Bandara ini beda dengan Aplikasi KAI Access ya. Dulu tiket kereta bandara bisa dibeli di KAI Access, tapi sekarang dipisah. Aplikasi Kereta Bandara berisi tiket kereta bandara di seluruh Indonesia, yaitu Jakarta, Medan dan Yogyakarta.

Baca juga: Tips Antar Jemput Bandara YIA - Yogyakarta dengan Mobil

Kereta Bandara Jogja dari YIA ke Stasiun Tugu

kereta bandara jogja lokal
Kereta lokal yang melewati kabupaten Kulonprogo.

Untuk kereta bandara Jogja arah sebaliknya, yaitu dari YIA ke stasiun Tugu ada sedikit perbedaan cara karena menyesuaikan jadwal kedatangan pesawat. Jadwal kedatangan pesawat banyak yang tidak tepat waktu karena berbagai sebab, misalnya cuaca atau masalah teknis. Jadi, sebaiknya pembelian tiket dilakukan setelah mendarat di bandara YIA.

Pembelian tiket bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Kereta Bandara atau pembelian di tempat. Tapi setahu kami tidak ada pembayaran cash atau tunai untuk pembelian di tempat, melainkan dengan cara debet. Tapi ini harus dikonfirmasi lagi karena waktu itu kami buru-buru, tidak sempat menanyakan. 

Pembelian tiket kereta bandara on the spot di YIA ini wajib menjadi perhatian karena jika tiket online sudah habis, datanglah ke counter pembelian tiket. Kami menduga ada kuota untuk penumpang pesawat sehingga tiket kereta tidak dijual semua secara online. Ini agar tiket tidak diborong pengantar.

Selama kami bolak balik naik kereta bandara Jogja sih biasanya arah YIA ke stasiun Tugu lebih sepi daripada arah sebaliknya. Di hari non liburan bahkan pernah hanya berisi 3 orang satu gerbong.

Jika Kehabisan Tiket Kereta Bandara Jogja

3 alternatif jika kehabisan tiket kereta bandara Jogja yang bisa dicoba, yaitu:

  1. Menyewa mobil. Ini efektif jika berombongan tapi sediakan cadangan waktu yang cukup mengingat padatnya jalan Jogja - Kulonprogo. Penyewaan mobil sangat banyak di Jogja.
  2. Naik Damri. Trip Damri cukup banyak dan ada di beberapa drop point yang tersebar di kota Jogja. Jika turun dari pesawat, bisa langsung menuju ke tempat parkir Damri dekat pintu kedatangan. Oya, Damri di YIA tidak sama dengan Damri di Soekarno Hatta yang berbentuk bus. Damri YIA kebanyakan berupa mobil van semacam L300 tapi lebih nyaman.
  3. Naik kereta lokal, antara lain Prameks, Joglosemarkerto dan sebagainya. Tiket kereta lokal bisa dipesan di aplikasi KAI Access. Tentu saja ini total pengeluarannya jadi lebih besar daripada pakai kereta Bandara Jogja. Tapi kalau sudah terpaksa, bagaimana lagi? Ini disebabkan karena kereta lokal tidak bisa masuk bandara seperti kereta bandara, jadi akan ada biaya shuttle. Shuttle yang tersedia adalah bus dan ojek online. Tapi kami sendiri belum pernah mencoba, jadi tidak bisa memberikan saran yang lebih tepat. Stasiun lokal yang terdekat dengan bandara YIA adalah stasiun Wates (14km) dan stasiun Wojo (7,5km). Stasiun Wojo merupakan stasiun kecil di Purworejo sehingga masuk wilayah Jawa Tengah. Bandara YIA memang terletak di perbatasan DIY dan Jateng.
Demikian cara naik kereta bandara Jogja pulang pergi dari stasiun Tugu ke bandara YIA dan sebaliknya dari bandara YIA ke stasiun Tugu. Semoga membantu dan semoga perjalanan teman-teman menyenangkan.

Post a Comment

0 Comments