Ayam Ny Suharti Jogja yang Legendaris

ayam ny suharti jogja
Menu Ayam Ny Suharti Jogja. Dokumen pribadi.

Ayam Ny Suharti Jogja merupakan pelopor ayam kremes nan empuk. Sayang, masalah rumah tangga berimbas ke bisnis sehingga kemudian ada dua Ayam Ny Suharti, yaitu milik mantan istri di lokasi lama Babarsari dan milik mantan suami di lokasi baru Gedongkuning. Seperti apa ya Ayam Ny Suharti lama sekarang?

Suasana Restoran Ayam Ny Suharti Jogja

Perkembangan dunia kuliner Jogja sangat masif sehingga pilihan juga sangat banyak. Akibatnya, sudah lama sekali tidak makan di Ayam Ny. Suharti. Jadi, di bulan terakhir tahun 2022, tiba-tiba kami ada keinginan untuk melihat kondisinya sekarang.

Seingat kami, sejak 20 tahun bangunan restoran Ny Suharti Jogja ya seperti itu. Mungkin ada perubahan disana-sini tapi tidak signifikan sehingga tidak terlihat. Jaman dulu, Ny Suharti merupakan resto jujugan untuk berbagai perayaan besar, misalnya wisuda. Untuk keluarga muda, apalagi mahasiswa, harganya   kurang terjangkau. Tapi sekarang, ketika kondisi ekonomi masyarakat membaik, harga ayam di Ny Suharti terasa sedang saja, tidak lebih mahal dari restoran lain di Jogja.

Penataan kursi di restoran Ny Suharti juga sepertinya sama saja, tidak berubah. Disini banyak sekali lukisan Ny Suharti bareng tokoh-tokoh dunia yang sedang banyak dibicarakan. Entah apakah Ny Suharti betul-betul bertemu mereka atau hanya bersanding dalam lukisan.

Yang paling kami sukai disini adalah pelayanannya yang cepat, bersih dan rapi. Semua pelayan mengenakan baju yang rapi dan bersih. Bahkan rambut pelayan perempuan digelung agar tidak menganggu pekerjaan mereka. Yang khas dari resto ini adalah handuk basah untuk membersihkan tangan.


Ayam Ny Suharti Jadi Ajang Nostalgia

ayam ny suharti jogja
Ayam Goreng Ny Suharti utuh.Dokumen pribadi.

Yang mencolok dari para tamu Ayam Ny Suharti adalah sebagian besar rombongan keluarga dan kebanyakan ada anggota lansia-nya. Makan di Ny Suharti seperti ajang nostalgia bagi warga Jogja lama atau perantau yang ingin mentraktir para orangtua mereka.

Menu yang kami pesan tentu saja ayamnya. Kami selalu beli ayam goreng utuh, lengkap dengan hati ampela. Kalau tidak utuh atau ayam potongan kok sepertinya kurang afdol. Dibandingkan jaman dulu, sepertinya ada perbedaan sedikit. Dulu tulangnya empuk sekali sampai nggak bersisa dan ayamnya lebih moist. Sekarang cenderung lebih kering dengan kremes yang lebih crispy dan gurih.

Menu pelengkap yang juga kami pesan adalah oseng-oseng dan lalapan. Untuk minuman, kami pesan yang ringan saja, seperti es jeruk, agar tidak kekenyangan.

Berikut harga menu Ayam Ny Suharti Jogja per porsi yang kami pesan:
Ayamg goreng utuh Rp 132.000,-
Ati ampela sepasang Rp 9.900,-
Oseng-oseng daun pepaya Rp 19.800,-
Lalapan Rp 7.700,-
Nasi putih Rp 8.800,-
Es jeruk Rp 11.000,-
Jeruk nipis panas Rp 9.900,-
Es kencur Rp 11.000,-
Es tape Rp 11.000,-
Harga sudah termasuk pajak ya, jadi nggak ditambah lagi.

Jadi, kalau kesini, ajak semua anggota keluarga, terutama orangtua. Pasti suka!

Ayam Goreng Suharti
Jl. Laksda Adi Sucipto 208 Yogyakarta
Telp (0274) 484522
WA: 08112951125
IG: ayamgorengsuhartiofficial

Untuk info wisata dan kuliner Indonesia, terutama Yogyakarta, follow instagram @jalansitu.

Post a Comment

0 Comments