Keindahan Pantai Klayar Pacitan dan Cara Menikmatinya

Keindahan Pantai Klayar Pacintan, Jawa Timur, sudah sangat terkenal sehingga menginspirasi Didi Kempot untuk membuat lagu yang berjudul Pantai Klayar. Kami datang di liburan Lebaran yang dimana-mana ramai dan macet tapi alhamdulillah pantai ini masih bisa dinikmati asal tahu caranya.

pantai klayar pacitan
Pantai Klayar Pacitan


Parkir Pantai Klayar Pacitan

Di hari besar atau liburan akan diterapkan sistem buka tutup dari jalan utama ke jalan masuk pantai Klayar Pacitan. Jadi ikuti saja pengaturan polisi agar tertib dan pengunjung nyaman, daripada memaksakan masuk tapi berjubelan.

Jalan menuju pantai Klayar dari jalan utama tidak begitu jauh tapi lumayan curam. Jika menggunakan mobil, jalan cukup aman asal jaga jarak aman untuk jaga-jaga seandainya sopir mobil depan kurang berpengalaman. Jika menggunakan motor, ada yang motornya kuat ada yang tidak. Beberapa kali terlihat yang membonceng harus turun dan berjalan kaki sebentar. 

Jika menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan ojek motor. Ojek motor ini dari warga setempat sehingga aman-aman saja karena mereka sudah hapal jalan. Mereka juga sangat taat antri. Sebagai pengunjung, jangan main serobot antrian ojek juga ya. Oya, waktu itu ada copet yang akan mencuri tas pengunjung. Langsung deh dikeroyok para tukang ojek. Tentu saja para pengojek ini tidak mau nama baik daerah mereka tercoreng dan membuat wisatawan takut berkunjung.

tebing pantai klayar pacitan
Tebing Pantai Klayar Pacitan

Buat muslimah tidak masalah! Ada ojek perempuan juga kok. Tapi kebanyakan sih nggak pilih-pilih tapi diatur agar kalau bonceng tiga, yang tengah laki-laki.

Untuk mobil, parkir luas sampai dekat pantai. Cari saja sendiri, boleh parkir dimana saja, asal ikut arus kendaraan dan jangan menutupi jalan supaya semua bisa keluar masuk dengan lancar. Waktu itu sempat ada yang parkir pas di tikungan sehingga mobil lain susah manuver. Padahal di dekat situ masih ada tempat parkir yang luas dan kosong. Jangan egois!

Baca juga: Rute Jogja ke Pantai Klayar Pacitan PP

Fasilitas Pantai Klayar Pacitan

Fasilitas pantai Klayar Pacitan cukup lengkap. Ada parkir yang luas, toilet, halaman luas, tempat makan, pasar akik, pos penyelamat pantai dan sebagainya. 

pasar akik pantai klayar pacitan
Pasar Akik Pantai Klayar Pacitan

Toilet kebanyakan disewakan atau kami belum melihat yang gratis karena memang pantainya luas sekali. Perlu perbaikan toilet agar lebih nyaman digunakan. Tempat sholat ada di dekat toilet dengan kondisi seadanya. Mungkin ada musholla yang lebih besar dan permanen tapi di sisi lain karena area ini luas. 

Pacitan terkenal dengan akik, karena itu ada pasar akik yang agak besar tepat di depan pantai. Kami tidak masuk kesana karena kurang tertarik dengan akik. Biasanya bapak-bapak nih yang suka akik.

Bermain di Pantai Klayar Pacitan

Tempat bermain yang dapat dipilih adalah di halaman atas dengan menggelar tikar. Teman-teman bisa membawa makanan sendiri atau memesan makanan di warung dekat situ. Ada tempat bermain anak-anak meski yang wajib-wajib saja seperti ayunan dan perosotan.

pengunjung pantai klayar pacitan
Pengunjung Pantai Klayar Pacitan

Tempat bermain lain adalah di bawah, yaitu di pantai. Pantainya landai, enak untuk bermain air. Tapi ada karang di sana sini, jadi harus tetap berhati-hati agar tidak terluka. Pengunjung diawasi oleh petugas penyelamat pantai.

Di sekitar pantai juga disewakan kendaraan ATV yang cocok digunakan di medan berpasir. Kami tidak menyewa, jadi maaf tidak tahu tarifnya. Jika teman-teman menyewa ATV, perhatikan agar tidak terlalu dekat dengan pengunjung. Memang semua orang boleh menikmati pantai tapi diutamakan untuk pengunjung umum.

Kuliner Pantai Klayar Pacitan

Jika ke pantai, kuliner yang paling pas adalah ikan laut dan kelapa muda. Disini ada juga yang menjual bakso dan mie instan. Tapi karena kami sudah jauh-jauh datang ke pantai Klayar, kami mencari yang khas disana. Kebetulan kami makan sudah terlalu sore, sehingga hanya ada satu jenis ikan saja. Kebetulan ikan tersebut hanya ada di Pacitan. Maaf kami lupa namanya. Rasanya benar-benar enak dan dagingnya tebal. Pesan saja ke ibu-ibu yang ada di foto. Beliau-beliau ini ramah sekali. Itu mereka sedang bikin gorengan. Posisi tempat makannya ada di depan pantai dan antrian ojek.

kuliner pantai klayar pacitan
Kuliner Pantai Klayar Pacitan

Selain makanan berat, mereka juga menjual berbagai hasil laut yang dikeringkan sehingga bisa untuk cemilan. 

Demikian cara menikmati keindahan pantai Klayar Pacitan. Selamat berlibur. Tetep jaga kebersihan. Untuk video, ada di reel instagram jalansitu.

Post a Comment

0 Comments