Mie Ongklok Longkrang Wonosobo, Rekomendasi Warga

Rekomendasi kuliner terbaik itu bukan dari influencer tapi dari warga setempat. Maka ketika kami bingung mie ongklok mana yang memorable untuk dicicipi sementara kami ke Wonosobo belum tentu 2 tahun sekali, kami bertanya pada beberapa warga yang kami temui di pom bensin dan toko swalayan. Muncullah nama mie ongklok Longkrang. 


mie ongklok longkrang wonosobo

Dahulu kami pernah mencicipi mie ongklok di salah satu sudut kota Wonosobo tapi kami tidak ingat namanya dan tidak ada dokumentasi. Kami hanya ingat tempatnya di sebuah halaman dan yang jualan bapak-bapak.

Sebenarnya di media sosial ada beberapa rekomendasi termasuk mie ongklok Longkrang. Kami hanya mengerucutkan nama mana yang paling banyak dipilih.

Baca juga: 2 Rute Terbaik Jogja - Dieng

Mie ongklok Longkrang ini mudah dicari menggunakan google map karena dekat tengah kota. Hanya saja Wonosobo ini banyak jalan searah, jadi agak memutar dari tujuan kami, yaitu Dieng. 

Tempatnya berupa kios yang cukup kecil untuk nama yang sangat dikenal warga seperti itu. Meski tempatnya kecil, crew-nya banyak, jadi tambah penuh tempatnya. Heheheee. Tapi berkat itu, pelayanan jadi cepat sekali. Untuk mengakomodasi jumlah pengunjung yang tidak sesuai dengan luas tempat, ada pengumuman bahwa pengunjung hanya boleh duduk selama 20 menit sejak pesanan dihidangkan. Jadi, ini bukan tempat nongki, ya gais.

Kami datang pas hujan. Untungnya tidak lebat. Pas banget buat makan mie ongklok dan minum teh hangat. Mie ongklok ini rasanya gurih dan teksturnya kental. Karena disajikan panas, jadi lezat sekali dimakan pas hujan seperti itu. Harganya tidak kami tanya, bahkan total pesanan kami pun tidak ingat. Langsung bayar gitu aja karena happy rasanya enak. Tapi kalau tidak salah sekitar Rp 10.000,- .Kalau salah, insya Allah tidak jauh dari itu.

Jangan sampai ketinggalan pula sate sapi. Harganya sekitar Rp 25.000,-. Rasanya manis dan dagingnya empuk banget. Mirip sate sapi di Lapangan Karang, Kotagede, Jogja.

Baca lagi: Sate Karang Kotagede Jogja

Sebagai warga Indonesia pada umumnya, tak lupa kami pesan gorengan. Sekali lagi kami lupa harganya. Tapi murah kok karena kami sampai membungkus untuk cemilan di jalan. 

Sepulang kami dari Dieng, kami lewat lagi tapi tidak mampir. Terlihat pengunjung juga dipersilakan duduk di seberang jalan, yang kalau siang adalah toko atau apotik. Mungkin menunggu tutup ya. Wah enak juga tuh malam-malam dingin makan mie ongklok yang hangat.


Mie Ongklok Longkrang

Jl. Pasukan Ronggolawe No.14, Longkrang
Wonosobo Tim., Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56311
Telepon: 0818-0277-4111


Post a Comment

0 Comments