2 Rute Terbaik Dari Jogja Ke Dieng PP

2 rute terbaik dari Jogja ke Dieng pp ini sudah kami coba. Soal mana yang tercepat, itu tergantung kondisi kendaraan dan sopir. Sebaiknya jangan ngebut agar selamat sampai di tujuan. Dinikmati saja perjalanan tersebut. Jogja - Dieng merupakan rute wisata sehingga ada banyak agen wisata yang menawarkan angkutan kesana berikut sopir, bahkan guide. Dulu ada travel wisata yang dikelola dinas pariwisata untuk rute Jogja - Borobudur - Dieng. Sekarang kurang tahu, tapi mungkin teman-teman bisa mencari infonya di media sosial.


rute jogja dieng terbaik


Rute yang kami coba adalah kombinasi dari pengalaman pribadi, petunjuk di youtube serta saran google map. Plus minus petunjuk di youtube adalah video yang dipercepat sehingga rutenya terlihat lebih mudah dari kondisi riil. Sedangkan saran dari google map itu harus dipadukan dengan pengalaman. Gmap selalu memberikan rute terdekat, tak peduli kondisi jalannya. Saya termasuk yang beberapa kali "diblasukke" google map.

Baca juga: Baledono, Rest Area di Perbatasan Jateng - DIY


RUTE JOGJA - DIENG LEWAT BOROBUDUR

Sebenarnya kami tahu rute ini sejak jaman dahulu tapi belum pernah lewat. Kebetulan ada yang membuat videonya di youtube. Katanya itu adalah rute tercepat. Jadi kami ingin mencobanya. Oya, percobaan itu kami lakukan Februari 2022 ya. Jadi jika di masa depan teman-teman mencobanya, mungkin kondisinya akan berbeda.

Dari Jogja, teman-teman arahkan google map ke Borobudur. 

Ketika sudah belok di pertigaan menuju Borobudur dari jalan raya Jogja - Magelang, langsung alihkan tujuan ke Purworejo di google map, agar tidak dilewatkan candinya. 

Setelah masuk ke jalan raya Magelang - Purworejo, alihkan tujuan goole map ke Dieng supaya tidak diarahkan terus ke kota Purworejo. 

Di jalan raya Magelang - Purworejo tersebut, teman-teman akan diarahkan untuk belok kanan di pertigaan Mangklong menuju Kaliabu. Pertigaan tersebut berada di tikungan, jadi bisa saja terlewat karena tidak siap. Tapi kalau siang ada bapak-bapak yang menyeberangkan kendaraaan, harusnya bisa menjadi pertanda.

Jika sudah sampai Kaliabu, arahkan google map ke Wonosobo. Nah, disinilah petualangan sebenarnya dimulai. Jalannya tidak sempit dan tidak lebar. Cukup leluasa untuk 2 kendaraan pribadi berpapasan. Masalahnya, truk bermuatan juga lewat sini, jalannya sangat lambat sehingga menghambat perjalanan. Jalannya berkelok-kelok dan naik turun. Tidak ekstrem tapi bikin capek karena banyak. Kami jalan siang dan tidak menyarankan untuk jalan malam jika belum pernah lewat sini.

Sampai Wonosobo, ubah tujuan google map ke Dieng dan ikuti sampai tujuan. Kami berangkat dari Jogja jam 09.00 dan sampai Dieng jam 13.15 sudah termasuk mampir makan siang di Wonosobo. Kami makan mie ongklok Longkrang. Ceritanya akan saya buatkan artikel tersendiri.


Kami mengubah-ubah tujuan di google map sebagai trik agar tidak "diblasukke" melalui rute-rute terpendek Jogja - Dieng yang belum ada testimoninya.

Baca juga: Sop Empal Bu Haryono Muntilan yang Legendaris


RUTE JOGJA -DIENG LEWAT TEMANGGUNG

Rute Jogja - Dieng via Temanggung ini adalah rute yang sudah dikenal semua orang. 

Arahkan google map ke Temanggung. Google map akan mengarahkan teman-teman melewati jalan alternatif, yaitu belok ke kiri sebelum pertigaan Secang. Dulu jalan alternatif ini merupakan inisiatif warga setempat untuk mengatasi kemacetan di traffic light pertigaan Secang pada masa mudik. Dahulu ada warga yang berjaga disana untuk mengarahkan mobil pribadi agar lewat jalur alternatif tersebut. Sekarang jalan alternatif tersebut sudah dikelola pemerintah setempat dengan memasang traffic light dan sudah tercantum di google map. 

Setelah masuk jalan alternatif tersebut, arahkan google map ke Wonosobo agar tidak diarahkan melalui kota Temanggung, melainkan lewat jalan outernya saja. Sampai di Wonosobo, arahkan google map ke Dieng.

Jika dari arah sebaliknya, yaitu dari Dieng, arahkan google map ke Wonosobo. Sampai Wonosobo, arahkan google map ke Temanggung. Ini jangan sampai lupa, ya! Kalau lupa, kita akan diarahkan ke rute lewat Kaliabu dan Borobudur diatas. 

Jika sudah sampai di perbatasan Temanggung, arahkan google map ke Jogja. Ikuti saja, termasuk melewati jalur alternatif Secang. Sebelum sampai perbatasan Temanggung, jangan ubah google map dulu karena google map akan bawel banget mengajak kita balik arah buat lewat jalur Borobudur diatas.

Rute melalui Temanggung ini memang sepertinya lebih jauh di peta. Tapi rute ini termasuk mudah, jalan lebar karena merupakan jalan nasional sehingga kecepatan kendaraan bisa dioptimalkan. Hanya di beberapa bagian saja aspal jalan rusak akibat banyaknya truk besar lewat sini. Lewat jalan ini 24 jam tidak ada masalah. 

Nah, demikianlah rute yang bisa teman-teman pilih. Kalau waktu luang, tak ada salahnya mencoba keduanya supaya mendapatkan pengalaman yang beragam. Kami pilih berangkat melalui Borobudur karena tenaga masih fresh, jadi konsentrasi masih bagus di jalan berkelok. Kami pulang melalui Temanggung karena jalan mudah untuk badan yang sudah capek.


Post a Comment

0 Comments