Sop Empal Bu Haryoko Muntilan Tiada Duanya

Kalau kalian sering lewat Muntilan atau akan berlibur ke Borobudur dari Jogja, rugi kalau enggak mampir ke Sop Empal Bu Haryoko Muntilan. Lokasinya mudah dicari karena di tengah kota. Kalian pasti lewat jalan utamanya, cuma perlu belok sedikit ke sebuah jalan. 

sop empal muntilan
Sop Empal Bu Haryoko Muntilan yang bercat hijau.

Petualangan kami sampai ke Sop Empal Bu Haryoko berawal dari rasa penasaran atas keberadaan beberapa rumah makan bertema sop empal di Jogja. Rumah makan tersebut cukup ramai sehingga menarik kami untuk mencoba. Setelah mencoba kami tidak terlalu puas karena harganya lumayan mahal dibandingkan dengan isinya. Sop empal ini terdiri dari nasi, sop bihun dan empal daging. Hanya saja porsi sop bihun beningnya tidak sampai bikin kenyang dan daging empalnya juga cuma sedikit.

Kami punya banyak teman blogger traveller dan diantara mereka ada yang mengulas Sop Empal Bu Haryoko. Semua yang pernah menulis tentang Sop Empal Bu Haryoko merasa puas dan merekomendasikannya. Kami pikir mereka berlebihan karena kami sudah tahu seperti apa sop empal Muntilan itu meski bukan Bu Haryoko. Tapi akhirnya kami penasaran juga. Kami pikir tak ada salahnya membuktikan, toh sejalan kalau kami ke arah Magelang. Tidak butuh terlalu banyak usaha.


Sop Empal Bu Haryoko ini mudah dicari. Patokannya, lurus saja masuk ke Muntilan dari arah Jogja, lalu belok pas di jalan sebelum Klenteng. Kalau dari arah Magelang agak memutar sedikit karena lalu lintas satu arah. Ikuti google map saja. Mudah kok.

Rumah makan Bu Haryoko tidak terlalu besar, tapi parkir mudah karena ada petugas yang mengatur. Untungnya kami datang bukan pas jam makan siang, jadi di dalam langsung dapat tempat duduk. Kalau pas jam makan, mungkin harus bersabar untuk dapat tempat duduk. Kalau layanan makanannya sih cepat. Karena kondisi rumah makan itu pula, yang sudah dapat tempat duduk juga nggak akan lama-lama kok, segera pergi setelah selesai makan.

Karena baru pertama kali, kami datang langsung mau duduk. Tapi ibu yang di counter memanggil kami untuk menulis pesanan dan nama kami di sebuah buku tulis. Nanti pelayanan akan memanggil nama kita ketika mengantarkan pesanan. Ketika membayar, tinggal menyebutkan nama saja.

sop empal bu haryoko muntilan

Jadi, Sop Empal Bu Haryoko memang beda dengan sop empal yang pernah kami coba di Jogja. Sop bihunnya itu banyak, cukup mengenyangkan untuk ukuran kami. Rasanya juga lebih mantap. Yang membuat kami terbelalak adalah empalnya yang banyak, hampir 2x lipat dari yang di Jogja. Satu porsi nasi sop empal dihargai Rp 26.000,-. Sangat sesuai dengan porsi dan kenikmatannya. 

Waktu itu sudah hampir sore, jadi di meja sudah tidak apa-apa. Kami membeli krupuk jangek atau kulit didepan rumah makan. Satu plastik besar cuma Rp 10.000,-. Yang lebih besar lagi Rp 15.000,-. Disitu juga ada berbagai cemilan dan buah-buahan.

Akhirnya kami mengerti mengapa sop empal Muntilan sangat populer. Yang jelas harus Sop Empal Bu Haryoko.

Sop Empal Bu Haryoko
Alamat: Veteran No.9, Sayangan, Muntilan, Kec. Muntilan, Magelang, Jawa Tengah 56411
Jam buka: 06.00 - 15.00
Telepon: 0812-2775-770

Post a Comment

0 Comments