7 Tips Perawatan Motor untuk Persiapan Perjalanan Liburan

planet ban
Planet Ban Palagan Yogyakarta

Akhir tahun adalah saat yang tepat untuk liburan bersama teman-teman dan keluarga. Bahkan sebagian masyarakat mengambil cuti sejak Natal hingga Tahun Baru. Liburan yang cukup panjang tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengunjungi saudara di lain kota atau road trip ke tempat-tempat yang menyenangkan. Salah satu pilihan transportasi favorit untuk liburan adalah sepeda motor. Jika tanggal keberangkatan sudah ditentukan, sebaiknya persiapan segera dilakukan, terutama untuk perawatan motor.

Planet Ban adalah salah satu retail Servis Motor dan Pusat Ban Motor ternama di Indonesia. Planet Ban kerap berbagi tips perawatan motor. Berikut adalah 7 tips perawatan motor untuk persiapan liburan, yang dikutip dari laman Planet Ban.

Tips Perawatan Motor untuk Persiapan Liburan

1. Periksa Kondisi Ban Motor

Ban motor merupakan komponen utama yang harus diperiksa lebih dahulu. Lakukan pemeriksaan termudah, yaitu dengan melihat kondisi luar ban. Ban yang sudah halus atau tidak terlihat alurnya harus segera diganti. Begitu pula dengan ban yang sudah sering bocor.

Jika perjalanan yang akan dilakukan cukup jauh, sebaiknya ganti dengan ban baru. Meski ban terlihat baik-baik saja tapi ban yang sudah lama digunakan akan mudah sobek untuk perjalanan jauh. Ban yang sudah lama digunakan akan aus dan mudah rusak jika melindas kerikil, melewati lubang yang tak terlihat atau terkena panasnya aspal.

Jika ingin mengetahui merek ban motor terbaik untuk perjalanan jauh, bisa berkonsultasi dengan Planet Ban yang menyediakan beberapa pilihan ban berkualitas. Jika ban mengalami kerusakan di perjalanan, Planet Ban bisa ditemukan di berbagai kota dengan melihat Google Maps atau bertanya ke call center.

konsultasi planet ban

2. Periksa Kondisi Rem

Rem merupakan komponen motor yang wajib berfungsi dengan baik. Sedikit saja ada perasaan aneh, tekanan yang berbeda atau suara yang tidak semestinya, segera periksakan ke bengkel terpercaya. Rem merupakan komponen utama untuk keselamatan berkendara sehingga pemeriksaannya tidak boleh ditunda.

Bagian penting dari rem adalah kampas rem. Kampas rem yang sudah tipis harus diganti. Kadang saking malasnya perawatan, ada bau seperti terbakar akibat pergesekan kampas rem yang sudah aus. Keausan kampas rem juga bisa dideteksi ketika menginjak rem terasa terlalu dalam. Selain berbahaya bagi keselamatan, hal ini akan menyebabkan kerusakan bagian lain dari motor tersebut.

Keausan pada rem juga ditunjukkan oleh indikator yang terdapat pada dinding tromol. Jika dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas yang ada, maka kampas tromol atau brake shoe harus segera diganti. Sedangkan pada rem cakram ketebalan kampas maupun piringan rem, dapat dilihat secara manual.

3. Periksa Kondisi Oli Mesin

Penggantian oli mesin harus dilakukan secara berkala sesuai dengan buku panduan dari produsen. Namun khusus sebelum perjalanan jauh, sebaiknya oli mesin diganti meski belum waktunya. Dalam perjalanan jauh, mesin akan bekerja lebih keras sehingga oli akan cepat kotor.

Ada berbagai jenis oli motor berdasarkan fungsinya, antara lain oli transmisi, oli gardan, oli rem dan sebagainya. Sedangkan dari bahannya, ada oli sintetik, semi sintetik dan mineral. Jika bingung, bisa ditanyakan pada mekanik bengkel langganan. Kandungan oli juga bermacam-macam, tapi sebaiknya menggunakan oli yang memiliki kandungan ester.

Ester pada oli bermanfaat untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. Oli yang memiliki kandungan ester sangat cocok untuk perjalanan jauh. Oli dengan kandungan ester yang bisa dibeli di Planet Ban adalah oli X-Ten. Oli X-Ten dapat menjaga kondisi mesin motor tetap stabil meski dalam torsi tinggi  dan bisa digunakan hingga perjalanan 5000 kilometer.

4. Periksa Aki Motor

Aki merupakan sumber kelistrikan motor. Tanpa aki, motor tidak bisa hidup. Tanda-tanda aki mengalami penurunan performa bisa diketahui, antara lain sulit distarter atau lampu motor meredup. 

Untuk persiapan perjalanan jauh, pemeriksaan aki harus dilakukan secara menyeluruh, meliputi kebocoran, karat, dan kerusakan lainnya. Untuk aki basah, cek juga level cairan agar tidak sampai kering. Seharusnya level cairan terjaga jika dilakukan perawatan rutin meski hanya untuk penggunaan sehari-hari.

5. Periksa Busi

Busi berfungsi sebagai penghasil percikan api untuk proses pembakaran pada mesin sekaligus penghantar panas. Jika busi kotor, maka percikan terhambat dan pembakaran tidak bisa berjalan dengan sempurna. 

Umumnya busi dapat dibersihkan sendiri menggunakan kuas dan sedikit diamplas. Namun jika sudah aus, busi harus diganti dengan yang baru. 

6. Periksa Sistem Pendingin

Ada bermacam-macam sistem pendingin pada motor. Namun komponen dalam mesin pendingin cukup rumit dan letaknya agak tersembunyi. Karena itu bisa dipahami jika banyak pemilik motor yang tidak memperhatikan fungsi sistem pendingin. Apalagi dampaknya tidak langsung terasa seperti ban atau aki.

Sistem pendingin berfungsi untuk meredam panas agar mesin tidak overheat. Motor yang digunakan untuk perjalanan jauh akan mudah mengalami overheat karena mesin bekerja terus-menerus dalam waktu lama sehingga sistem pendingin ini harus bekerja dengan baik. Karena itu, pastikan kondisi air pendingin atau coolant pada level cukup.

7. Periksa CVT dan Rantai

CVT adalah singkatan dari Continuosly Variable Transmission. CVT digunakan pada motor matic. CVT berfungsi sebagai putaran yang dihasilkan mesin motor pada ban. CVT memungkinkan ban motor dapat berputar dan motor dapat berjalan. Sedangkan pada motor moped atau bebek dan sport, komponen yang penting untuk pergerakan ban adalah rantai. 

Sistem penggerak tersebut berfungsi melakukan transfer tenaga pada sepeda motor ke roda. Jika kondisi penggerak pada CVT atau rantai motor tidak berfungsi dengan baik maka tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan sia-sia.

Kondisi bengkel-bengkel sebelum liburan umumnya penuh. Jika perawatan sudah dilakukan secara rutin, maka persiapan membawa motor untuk liburan tidak akan terlalu banyak sehingga tidak perlu berlama-lama di bengkel. Karena itu, lakukan perawatan rutin di bengkel terpercaya seperti Toko Planet Ban.

Planet Ban tidak hanya menjual ban, melainkan juga menjuat berbagai spare part berkualitas seperti aki, busi, kampas rem, cairan pendingin, hingga layanan Servis Rasa Mesin Baru yang mampu meningkatkan kinerja sepeda motor layaknya sepeda motor baru. 

Jika sedang sibuk, konsultasi online secara gratis bisa dilakukan melalui Whatsapp Customer Service Planet Ban dengan menghubungi Tim Konsultasi Online Planet Ban untuk mengetahui tindakan yang harus dilakukan dan waktu penanganan sebelum menyediakan waktu untuk pergi ke Planet Ban.

Jangan lewatkan perawatan motor sebelum membawanya untuk liburan dengan alasan apa pun. Keselamatan selama perjalanan merupakan kombinasi dari keterampilan pengendara, kondisi kendaraan dan perlindungan Tuhan yang Maha Esa.

konsultasi planet ban

Post a Comment

22 Comments

  1. Servis rutin sepeda motor mang perlu bgt nih, jadi ketika akan berlibur dan menggunakan sepeda motor paling tgl cek ricek sedikit ajh trus langsung deh di bawa ke Planet Ban terdekat 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Kalau sudah rutin perawatan, ngurangi kesibukan ke bengkel sebelum liburan.

      Delete
  2. Lengkap yah layanan servis motor di Planet Ban. Cocok banget dengan mottonya, servis motor rasa baru. Pasti mekaniknya jagoan deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau di tempatku kebetulan juga dekat rumah heheee

      Delete
  3. Sebagai perempuan kadang enggak telaten untuk ngecek-ngecek kondisi motor sendiri. Tinggal bawa ke planet ban kita duduk manis meneri laporan tentang kondisi motor kita dan perawatannya deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul heheee. Nggak ngerti motor gpp, serahin aja ke Planet Ban.

      Delete
  4. mau liburan gini memang perlu cek kondisi motor nih sebelum jalan. Apalagi juga nge-ceknya mudah ya karena planet ban cabangnya ada di mana-mana

    ReplyDelete
  5. Ah..jadi malu.. aku pakai motor sdh bertahun-tahun tapi nggak mudeng tentang perawatan nya. Terima kasih sharing nya ya mba..jadi lebih tahu hal-hal penting begini..

    ReplyDelete
  6. Baru beberapa hari yang lalu motor tetiba mati dan gak mau nyala lagi, ternyata businya minta ganti yang baru, lupa servis rutin. Untung dekat rumah bukan dibawa liburan, kudu bawa servis rutin ke Planet Ban biar kondisi motor oke dipakai jalan-jalan melewati macet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cowo2 beli busi ekstra di Planet Ban buat cadangan. Kalau businya kotor, tinggal diganti sendiri. Jadi nggak sampai mogok. Kalau cewe nggak paham heheee

      Delete
  7. Iya nih cek ban motor itu memang penting banget karena kadang tuh tiba-tiba aja bannya kempes. Aku dan kakakku biasanya cek ban motor dulu sebelum bepergian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling takut kalau sampai ban kempes, malam2 trus nuntun heheee.

      Delete
  8. Kalau kondisi ban, rem dan oli sama yaa dengan yang manual. Khusus untuk motor matic, CVTnya juga harus diperhatikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak yg nggak tau soal cvt, terutama cewek2.

      Delete
  9. Yuhuu udah waktunya liburan nih dan emang penting banget buat cek kondisi kendaraan khususnya motor ya kalau mau dipake buat berkendaraan jauh gitu biar perjalanannya juga lancar dan aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nggak lucu yah malam tahun baru dorong2 motor.

      Delete
  10. nah ini, aku tuh kadang males ya ke bengkel tuh. tapi takutnya malah nyusahin aku nantinya kalo motor ga dilakuin perawatan yang bener. ternyata ga cukup cek oli aja ya service nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya semua. Tapi kalau udah rutin sesuai buku panduan, cukup yg mencurigakan saja.

      Delete
  11. Asli penting banget nih kalau liburan menggunakan motor. Aku juga kemana-mana pakai motor. Makasih banget Mba tipsnya jadi lirik motor yang remnya mulai blog nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayooo buruan dicek, biar liburannya asik :)) Selamat tahun baru ya, semoga tahun depan lebih sukses.

      Delete

Thank you for your comment. It will appear soon.