Kapan Oli Motor Matic Harus Ganti?

oli motor matic
Foto milik pribadi.

Kapan oli motor matic harus ganti? Jawabnya bukan pas kotor, ya. Ada aturan yang harus diikuti agar motor tidak cepat rusak. Bahkan yang lebih banyak parkirnya daripada dikendarai seperti motor kami ini juga harus ganti oli motor matic.

Mengapa Motor Matic harus Ganti Oli?

  • Ganti oli harus rutin dilakukan agar performa motor matic prima. 
  • Oli motor letaknya di bawah. Kotoran mudah mengendap dan merusak mesin.
  • Kondisi oli yang sudah digunakan lebih dari 3.000 km tidak layak lagi dan bisa merusak mesin.
  • Meski tidak bepergian jauh, oli bisa saja cepat kotor. Misalnya karena terjebak macet sehingga sering gas rem dan mesin panas.
  • Setelah perjalanan jauh, misalnya touring, oli juga kotor karena mesin panas terus. Oli harus diganti agar tidak merusak mesin.


Ganti Oli Motor Matic Menurut Buku Panduan

oli motor matic
Foto dari www.pexels.com

Secara umum, motor matic membutuhkan 2 jenis oli yang harus rutin diganti, yaitu:

  1. Oli mesin, setiap jarak tempuh 2.000 - 3.000 km atau 2 bulan sekali.
  2. Oli gardan, setiap jarak tempuh 8.000 km atau 4 bulan sekali.

Ada juga yang memakai cara mudah untuk mengingat, yaitu perbandingan oli mesin dengan oli gardan adalah 2:1 yang artinya 2 kali ganti oli mesin, sekali ganti oli gardan.

Karena itu, jangan lupa cek speedometer sebelum mengendarai motor dan buat alarm pengingat di ponsel. Jika lupa mengganti oli, motor bisa tiba-tiba mati.

Kalau Honda BeAT milik kami ini bisa lebih jauh jarak tempuhnya, yaitu tidak lebih dari 4.000 km untuk ganti oli motor matic. Lumayan irit. Hehehe.


Ganti Oli Motor Matic Berdasarkan Kondisi

Banyak yang menggunakan motor matic untuk bekerja atau kuliah sehingga tanpa terasa jarak yang ditempuh sudah sangat jauh. Kalau mau aman, sebaiknya lakukan penggantian oli sebulan sekali. Masukkan ke dalam anggaran bulanan rumah tangga atau prioritaskan setelah gajian. Bukankah kalau motor rusak tidak bisa mencari nafkah?

Jika motor matic jarang digunakan seperti motor kami, oli tetap harus rutin diganti menggunakan aturan waktu, yaitu 2 bulan sekali untuk oli mesin dan 4 bulan sekali untuk oli gardan.

Kadang kami juga mengganti oli motor matic sebelum malakukan perjalanan yang lebih jauh atau lebih menantang dari biasanya meski belum saatnya oli diganti. Misalnya ketika mau touring dengan teman-teman ke daerah pegunungan. Ada perasaan lebih aman jika berangkat dengan oli yang masih baru.

Buat teman-teman penglaju, yaitu yang menempuh jarak jauh dalam pulang dan pergi sehari, harus mempertimbangkan untuk mengganti oli lebih sering lagi, yaitu dua minggu sekali. Penglaju ke Yogyakarta biasanya berasal dari Magelang, Klaten atau dari daerah kabupaten di DIY yang jaraknya sangat jauh.


Ganti Oli Motor Matic di Planet Ban

oli motor matic
Foto milik pribadi.

Sebenarnya, ganti oli motor matic sendiri itu tidak sulit. Tutorialnya banyak di intenet. Tapi ibu-ibu seperti kami sudah males duluan melihat pernak-pernik yang harus disiapkan. Belum lagi membayangkan belepotan kena tangan atau baju. Apalagi kalau sampai menetes di lantai garasi. Duh, tambah pekerjaan bersih-bersih. 

Lebih baik motor tersebut dibawa saja ke Planet Ban. Tunggu sebentar sambil scroll Tiktok lucu, tau-tau motor sudah siap diserahterimakan kembali. 

Dulu kami mengira Planet Ban itu jualan ban. Hahaaa. Ternyata, setelah melihat websitenya, yaitu https://planetban.com/, Planet Ban menjual hampir semua keperluan motor, tidak hanya ban, berikut jasa layanannya.

Di kota kami, yaitu Jogja, Planet Ban ada di hampir semua jalan masuk kota atau daerah ramai lainnya. Foto Planet Ban di atas berlokasi di Jl Palagan. Di sebelah timur Jl Palagan, yaitu Jl Kaliurang dan sebelah barat, yaitu Jl Magelang juga ada Planet Ban. Berarti kalau di daerah utara Jogja, Planet Ban ada di tiap ruas jalan utama.

Penjual oli motor matic dan jasa layanan penggantian oli sudah ada dimana-mana, tak jauh dari pemukiman konsumen. Tinggal mengingat-ingat saja kapan oli motor matic harus ganti. Biaya ganti oli tidak seberapa dibandingkan uang yang harus dikeluarkan jika mesin rusak.

Post a Comment

16 Comments

  1. kalau aku di tanya kapan harus ganti oli, aku jawab kalau sudah waktunya wkwkwk soalnya aku bukan pengendara sepeda motor mba, cuma penumpang, suami yang anter jemput kemana2

    ReplyDelete
  2. salfok lihat majikannya naik motor mbaa hahah apalah sebagai babu kudu manut dan merawat motornya majikan yaa mba, salah satunya dengan teratur ganti oli ini

    ReplyDelete
  3. Terimakasih sudah diingatkan mbak. Motor saya matic semua, kadang suka lupa ganti oli padahal ini sangat penting ya. Termasuk air radiator motor. Untung saya ganti ban ke planrt ban waktu itu, akhirnya dicek oleh petugasnya dan disarankan ganti oli dan isi air radiator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sekarang udah males ya pakai motor non matic

      Delete
  4. Planet ban ini ada dmn2 ya bengkelnya. Dekat rumahku jg ada. Aku kalau bawa motor ganti oli jg ke sana.
    Cuma motorku bukan matic hehe.
    3mang kalau mau kendaraan awet kudu minimal sebulan sekali dicek di bengkel, jgn lypa pula ganti oli ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memudahkan banget kalau dekat bengkel terpercaya

      Delete
  5. Yappp jangan sampai telat ganti.oli motor ya mba.
    Kalo rusak,biaya perawatan /perbaikan motor jauhhh lebih mahal

    ReplyDelete
  6. Motor matic ini ya, suka kelupaan deh untuk dirawat. Mentang-mentang gak pernah ada masalah. Kemarin juga pas masuk musim hujan, hampir aja motorku kelupaan ganti oli. Alhamdulillah deh terhindar dari masalah. Btw, Planet Ban ini memang bengkel yang terpercaya ya. Produk-produknya dijamin ori, para pekerjanya juga sudah pada mahir. Diurus di sana mah dijamin deh motor kita jadi bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss, buibuk mah maunya terima bersih hihihii

      Delete
  7. Memerhatikan kesehatan kendaraan amat penting buat pengendara, biar dalam perjalanan tetap aman.

    ReplyDelete
  8. Sama kukira planet ban itu cuma tempat jualan ban. Eh gak tahunya bisa jadi tempat untuk membetulkan kendaraan ya

    ReplyDelete
  9. Memang ganti oli ini gak boleh lalai, kalau lalai mesin rusak, shocker kena dan lama-lama turun mesin malah jadi ambyar dana yang keluar ya. Jadi mending rutin beli oli yang lebih murah kan

    ReplyDelete

Thank you for your comment. It will appear soon.