The Alana Malioboro Hadirkan Archipelago Buffet dan Mixology Sharing Session

Bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonsia ke 77 tanggal 17 Agustus 2022, The Alana Malioboro menghadirkan Archipelago Buffet dan Mixology Sharing Sessin di Prawiro Restaurant bersama Arif Suryadi (Executive Chef The Alana Malioboro), Syahdila Surya Deagita (Runner-up 1 BIC 2021) dan Tika Syamsuri (Semifinalis BIC 2021).


the alana malioboro all you can eat

ARCHIPELAGO BUFFET

....
Beribu pulaunya
Berjuta rakyatnya
Namun satu citanya
Bhinneka tunggal ika
....

Itu adalah sepenggal lirik lagu Bhinneka Tunggal Ika yang menggambarkan begitu banyak pulau di Indonesia tetapi tidak menjadikan kita terpecah sebagai bangsa. Justru kita disatukan dengan perairan diantara pulau-pulau tersebut. Tiap pulau memiliki menu makanan yang khas, yang memperkaya ragam kuliner tanah air kita.

Archipelago adalah tema yang sangat pas untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia karena mengingatkan kita untuk selalu menjaga persatuan dan "harta" yang kita miliki bersama berupa khasanah kuliner. 

Archipelago buffet menawarkan konsep all you cat eat dengan harga hanya Rp 77.000,- nett per orang. Cukupkah? Worth it kah? Buat kami sih lebih dari cukup ya, sampai tepar kekenyangan meski masing-masing menu hanya kami ambil sedikit untuk mencicipi. Ini karena menunya benar-benar beragam. Belum lagi tim pak Arif Suryadi bisa mempertahankan rasa yang lezat dan "nendang" di setiap hidangan.


the alana malioboro buffet


Archipelago buffet terdiri dari satu meja island besar dan 2 stan makanan. Stan makanan berupa soto mie Bogor dan rujak buah. Kami sudah pernah mencicipi soto mie khas Bogor di daerah aslinya di Suryakencana Bogor. Soto mie yang di Prawiro Restaurant ini enak dan segar. Dagingnya benar-benar empuk, ada kikilnya, sehingga kami bisa makan dengan aman tanpa takut nyangkut di gigi. Di dalamnya juga ada potongan-potongan besar semacam lumpia.

Di bagian paling depan meja island ada berbagai minuman yang akan terus diisi jika akan habis, terdiri dari air mineral, infused water, jus kiwi dan jus mangga. Geser ke kanan ada aneka salad. Ini bukan sekedar salad, melainkan ada 5 jenis salad, termasuk salad khas Medan.

Geser ke kanan lagi ada aneka makanan kecil berupa berbagai roti isi dan juga salad. Sebagai pendamping makanan kecil, ada teh dan kopi.

Geser ke kanan lagi ada nasi kuning dengan pelangkap yang aduuuh enak banget, antara lain urap, sambal goreng kentang, bola-bola daging dan sebagainya. Geser lagi ada semur daging dan aneka kerupuk. Dagingnya ini empuuuk banget. Geser lagi ada nasi, mie ala Jogja, pepes ikan dan sebagainya. Per-nasi-an ini terinspirasi dari nasi campur Bali. Alhamdulillah kami juga sudah pernah makan nasi campur Bali di daerah asalnya. Sama lezatnya!

Terakhir adalah aneka snack manis berupa cake dan puding yang warna-warnanya cantik menggoda.


the alana malioboro cakes


PRAWIRO RESTAURANT

Prawiro Restaurant memiliki 3 ruang duduk, yaitu non-smoking, dekat pantry dan outdoor. Kami memilih duduk dekat pantry karena suasananya hangat dan akrab. Untuk foto-foto, ruang outdoor akan sangat mendukung karena nuansa hijau tanaman alami yang segar di mata. 

Di luar event yang diadakan oleh pengelola, teman-teman juga bisa menggunakan tempat ini untuk berbagai keperluan misalnya arisan atau ulang tahun. Teman-teman bisa meminta setting tempat duduk yang memungkinkan untuk memeriahkan acara. Paket seperti ini dihargai Rp 149.000,- per orang.

Teman-teman juga bisa meminta layanan khusus untuk dinner yang mengesankan dengan pasangan. Layanan tersebut berupa setting tempat yang romantis dekat kolam renang. Paket ini sangat murah yaitu Rp 155.000,- per pasangan.

Note: harga sewaktu-waktu dapat berubah. Silakan hubungi pengelola Prawiro Restaurant atau The Alana Malioboro yang ramah-ramah untuk konfirmasi.

Untuk cakes yang cantik-cantik itu bisa dipesan utuh untuk di rumah atau gift loh. Ada red velvet, opera, tiramisu dan sebagainya. Satu box cake diameter 20 cm dihargai Rp 300.000,-. 


the alana malioboro mixology


RACIKAN SYAHDILA SURYA DEAGITA

BIC atau Barista Innovation Challenge adalah ajang kompetisi para barista tingkat nasional. Syahdila Surya Deagita adalah Runner-up 1 BIC 2021. Gadis Sidoarjo ini mempersembahkan racikan ciptaannya berupa Es Doger dan Banana Fritter.

Sudah pernah minum es doger? Es doger sering dijual keliling dengan aneka campuran yang meriah. Syahdila berusaha meraciknya dalam bentuk minuman cafe. Untuk keperluan ini, dia juga mengekstrak nangka agar mendekati rasa aslinya. Selain meracik, Syahdila juga berbagi pengalaman dan sedikit pengetahuan tentang beberapa teknik barista. Hasil akhirnya berupa minuman berwarna pink dengan garnish nangka.

Selain meracik secara live, Syahdila juga telah menyiapkan minuman bernama Banana Fritter. Ini adalah minuman berkafein alias kopi yang diberi moussse dan pisang goreng di atasnya. Cita rasanya jadi unik, kopi tapi ada sensasi kriuk.


the alana malioboro prawiro restaurant


RACIKAN TIKA SYAMSURI

Tika Syamsuri adalah semifinalis BIC 2021. Racikannya terlihat lebih complicated karena banyak bahan yang harus disiapkan. Gadis Samarinda yang lama di Solo ini mempraktikkan racikan yang diberi nama Funky Rujak. Mungkin teman-teman sudah pernah mencicipi rujak gobet atau rujak tujuh bulanan? Dari situlah inspirasi racikan ini berasal. 

Tika juga mempertontonkan teknik shaking kering dan menggunakan es batu. Sebagai garnish, Tika meletakkan jambu air dan semacam kaviar warna warni. Selain itu, Tika juga telah menyiapkan Sparkling Ronde untuk dicicipi para tamu yang hadir.

Archipelago Buffet dan Mixology Sharing Session yang dihadirkan The Alana Malioboro ini menjadikan perayaan HUT RI siang lalu sangat mengesankan. Ini hanya sebagian imut saja kekayaan Indonesia. Yuk gali dan rawat khasanah kuliner Indonesia!


Prawiro Restaurant
The Alana Malioboro
Jl. Mayjend Sutoyo No. 52, Yogyakarta
Telepon: 0274 - 4580111
Instagram: @alanamalioboro

Post a Comment

0 Comments