Soto Ayam Pak Gareng Seberang Pintu Timur Stasiun Tugu Jogja

Mungkin sudah banyak yang tahu tentang Soto Ayam Pak Gareng (di google map Soto Ayam Lenthok Pak Gareng). Semoga artikel ini membantu teman-teman yang belum tahu dan ragu untuk makan di dekat Maliboro. Soto Pak Gareng terletak di seberang pintu timur stasiun Tugu Jogja. Pintu timur digunakan untuk keberangkatan kereta jarak jauh. Jika teman-teman turun di pintu barat, jalan sedikit ke depan nggak sampai capek banget kok. Soto pak Gareng hanya buka pagi hari untuk sarapan. 


soto ayam lenthok pak gareng jogja


Banyak pendatang atau wisatawan yang ragu-ragu makan di dekat Malioboro karena takut dimahalin. Soto Pak Gareng memberikan harga yang wajar dan tertulis di daftar menu yang ditempel di kaca dekat kasir. Soto campur Rp 12.000,- per porsi. Porsinya ukuran kenyang dengan suwiran ayam yang banyak. Sepertinya untuk sarapan cukup satu porsi saja. Untuk pembelian menggunakan aplikasi pesan antar dikenakan harga yang berbeda. Di sore hari, kios ini dipakai oleh penjual makanan lain.

Baca juga: Soto Lamongan Pak Narto Selokan Mataram Jogja

Lokasi Pak Gareng hanya bisa dijangkau dari Jl P Mangkubumi atau sekarang disebut sebagai Jl Margo Utomo karena searah. Dari arah Samsat tidak bisa karena akses ke seberang ditutup dengan pagar besi orange. Tapi jika ada Car Free Day atau CFD di jalan ini, pagar tersebut dibuka sehingga bisa menyeberang ke pak Gareng. Dari pak Gareng bisa lurus ke selatan untuk ke Malioboro, melewati pintu rel kereta api (teteg) jika berjalan kaki atau menggunakan sepeda dan becak. Jika menggunakan mobil, teman-teman harus memutar melalui bawah jembatan Kleringan (kretek Kewek) untuk menuju Malioboro.

Soto Pak Gareng tipikal soto Jogja dengan citarasa gurih dan segar. Citarasa seperti ini akan cocok untuk teman-teman dari berbagai daerah. Soto Jogja ada yang manis juga lo seperti kesukaan sebagian warga Jogja. Di menu hanya ada pilihan soto ayam. Teman-teman tinggal memesan dicampur atau dipisah. 

Baca: Soto Ayam Pak Dalbe Jogja

Yang paling menyenangkan disini adalah mejanya yang meriah dengan berbagai aksesoris. Ada kerupuk, sate-satean, baceman, gorengan dan tak ketinggalan lenthok. Lenthok adalah perkedel yang terbuat dari singkong. Sepertinya disinilah soto yang paling banyak ragam aksesorisnya di Jogja. Harganya juga wajar, Rp 3.000,- per buah. Tapi untuk pembelian dengan aplikasi pesan antar, harganya berbeda ya. 

Soto Pak Gareng ada cabangnya di Jogja utara, di Jl Damai. Tapi kami merasa di dekat stasiun Tugu ini lebih enak rasanya. Padahal mungkin sama saja, hanya karena dari dulu sudah langganan yang di dekat Tugu.

Soto Ayam Pak Gareng

Jl. Pangeran Mangkubumi, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

Post a Comment

0 Comments