Info Penyakit Apa Saja Yang Ada Di SehatQ.com

Selama pandemi, banyak anjuran untuk melakukan kegiatan online lebih banyak daripada offline, termasuk pemeriksaan kesehatan. Ini tentu membuat orang awam khawatir jika menderita gejala penyakit tertentu. Info penyakit sudah banyak di internet dan masyarakat mengandalkannya sebelum berkunjung ke ruang praktik dokter. Namun demikian, kita tidak boleh asal comot informasi yang tersebar. Tetap harus ada jaminan bahwa informasi tersebut benar karena berasal dari ahli atau tenaga kesehatan yang kompeten.


info-penyakit-sehatq
Photo by Jared Rice on Unsplash


Misalnya jika mencari informasi seputar kanker mulut, begitu link-link muncul di halaman pencarian google, perhatikan alamat websitenya. Blog gratisan ditandai dengan alamat www.(namablog).blogspot.com atau www. (namablog).wordpress.com. Blog-blog gratisan seperti itu memang tidak semuanya tidak bisa dipercaya. Tapi sulit memverifikasi pemilik blognya jika tidak benar-benar kenal. Website berbayar dengan alamat www.(namablog).com pun tak semua kredibel. Situs penipuan juga ada. Karena itu, pilih website yang sudah direkomendasikan orang banyak seperti SehatQ.com.

Website kesehatan yang kredibel itu selain menyediakan narasumber yang ahli di bidang kesehatan, juga menyediakan saluran konsultasi. Umumnya, orang awam yang terkena suatu penyakit akan bingung dan cemas. Konsultasi dengan dokter secara online akan membantu mengurai kecemasan kita dan mengawali langkah-langkah pencegahan atau kesembuhan sesuai dengan tuntunan dokter tersebut. Untuk kemudahan mobilisasi, tersedia pula dalam bentuk aplikasi online.

Berikut adalah info penyakit yang bisa kita dapatkan di SehatQ.com.

INFO GEJALA PENYAKIT

Yang tahu penyakit apa yang sedang kita derita adalah dokter. Kita hanya merasakan dan melihat gejala yang menimpa pada tubuh kita. Tak semua gejala tersebut merujuk ke penyakit yang serius. Sebaliknya, yang kita kira hal biasa, bisa saja merupakan tanda-tanda penyakit berbahaya. 

Di SehatQ, kita bisa melakukan pencarian berdasarkan gejala yang kita alami, misalnya bibir gatal, hidung bengkak, kedutan di dagu dan sebagainya. Kita bisa mengikuti tindakan yang direkomendasikan, apakah perlu obat, gerakan tertentu atau harus langsung ke dokter. Tidak sampai disitu, akan ada saran tindakan lanjutan jika gejala tersebut terus berkelanjut.

INFO PENYAKIT RINGAN

Penyakit ringan bisa saja terjadi jika kelelahan, gaya hidup buruk atau asupan makanan tidak bergizi. Banyak penyakit ringan yang bisa diobati tanpa harus berkunjung ke dokter sehingga mengurangi resiko tertular virus COVID19. Namun kita tidak boleh begitu saja membeli obat tanpa mengtahui indikasinya. Ikuti saja saran yang diberikan, apakah harus istirahat, mengkonsumi vitamin, olahraga atau mengkonsumi makanan dan minuman tertentu. Daftar obat di SehatQ.com disertai dengan keterangan indikasi yang lengkap. Jika kurang yakin, bisa konsultasi online dengan dokter.

INFO PENYAKIT BERAT

Penyakit berat memang tidak bisa ditangani sendiri dengan mencari dan membeli obatnya. Penyembuhan penyakit berat harus didampingi dokter dan tenaga medis lainnya. Namun sebagai tahap awal, kita perlu tahu apa yang sedang dan akan terjadi. Kita juga perlu tahu tindakan-tindakan pendukung yang bisa meringankan gejala yang kita rasakan agar bisa menjalani terapi atau tindakan penyembuhan yang sedang dijalani dengan lebih baik lagi. Misalnya, info tentang makanan atau olahraga apa yang tepat untuk penyakit yang sedang diderita.

INFO GAYA HIDUP SEHAT

Penyakit sangat berhubungan dengan gaya hidup, meski bisa saja gaya hidup sudah sehat tetapi tetap terkena virus COVID19. Tapi setidaknya dengan tubuh yang lebih prima, akibat penyakit tersebut tidak separah jika fisiknya lemah. 

Contoh lain, salah satu cara mengurangi resiko penyakit kanker mulut adalah gosok gigi sebelum tidur. Informasi tersebut ada dalam artikel tentang penyakit kanker mulut di SehatQ.com.

Di masa pandemi ini, website dan aplikasi online bisa menjadi andalan untuk mencari tahu info-info penyakit. Semoga kita semua selalu sehat.


Post a Comment

0 Comments