Sering Menjumpai Sinyal 4G Tidak Stabil? Saatnya Melakukan 3 Trik Ini

Bagi pengguna internet, salah satu kendala yang seringkali dirasakan yaitu sinyal 4G yang tidak stabil. Hal ini dikarenakan pada beberapa hal, sebab itu Anda harus mengetahui tata cara aktifkan 4G supaya jaringan 4G kembali stabil. Meskipun ada beberapa cara yang perlu dilakukan namun banyak orang yang belum mengetahui trik tersebut.

trik menghadapi sinyal 4g tidak stabil
Photo by Erin Song at unsplash.

Tidak semua wilayah mampu mengakses jaringan 4G LTE, terutama di daerah  terpencil dan jauh dari kota besar. Wajar saja apabila jaringan 4G selalu tidak stabil. Meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa trik yang bisa dilakukan supaya jaringan 4G berada dalam kondisi yang stabil. Berikut ini cara yang bisa dilakukan:

1. Menggunakan mode pesawat

Banyak orang yang beranggapan bahwa antara jaringan 4G dan mode pesawat tidak ada hubungannya. Namun pada kenyataannya mode pesawat sangat ampuh supaya membuat jaringan menjadi stabil. Untuk cara yang dilakukan Anda hanya tinggal mengaktifkan bagian mode pesawat saja. Kemudian menonaktifkan mode pesawat supaya bisa merefresh jaringan.

Pada saat mode pesawat diaktifkan, maka secara otomatis jaringan yang terdapat pada smartphone akan mati. Salah satunya seperti bluetooth maupun yang lainnya. Ketika mode tersebut dimatikan maka ponsel akan secara otomatis melakukan pencarian jaringan yang baru.

2. Reboot smartphone

Bagian sistem yang tidak dapat bekerja secara normal seringkali  menimbulkan jaringan 4G tidak stabil. Dalam mengatasi hal ini maka Anda harus melakukan reboot pada smartphone terlebih dahulu. Tujuannya supaya bisa membuat bagian sistem bekerja secara normal seperti sedia kala.

3. Mode setel jaringan

Untuk menggunakan mode setel jaringan ini di setiap ponsel memiliki cara yang tidak sama pada saat masuk ke bagian mode. Silakan mengunjungi website Smartfren ini agar bisa melakukan penyetelan pada mode jaringan.

Cara yang ada di atas bisa diikuti dengan mudah karena prosesnya yang sangat sederhana. Dengan begitu bagi pengguna jaringan 4G yang tidak stabil tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukannya. Oleh karena itu tidak ada masalahnya apabila Anda tinggal di daerah terpencil karena bisa melakukan beberapa cara diatas supaya jaringan 4G tetap stabil.

Post a Comment

17 Comments

  1. oo ada tricknya ya, nanti pas aku di daerah susah sinyal aku coba praktekan tipsnya ah :)

    ReplyDelete
  2. poin lain aku suka lakukan nah poin no 2 duganti ke mode pesawat belum pernah. Makasih banget infonya jadi nanti aku praktikkan soalmya kadang tiba2 gak ada sinyal 4G

    ReplyDelete
  3. Yeaay sama, aku lebih sering pake kebiasaan no 1, yg airplane mode. Selalu berhasil sih selama ini :)) akan kucoba yang no 2 dan 3 juga deh hehe thanks mba infonya.

    ReplyDelete
  4. nah ini nih yang dibutuhkan, aku sering juga kaya gini apalagi kalau pas lagi event terus signal tiba2 trouble, udah deh galau sendiri mba.

    ReplyDelete
  5. waaa terima kasih yaa buat info triknyaa, dirumah ku juga kadang sinyalnya nggak stabil nih, mau cobain aaah kalo nati pas lagi nggak stabil sinyalnya

    ReplyDelete
  6. Terima kasih informasinya..
    Iya kirain mode pesawat ga ada hubungannya pula, ternyata ada.

    ReplyDelete
  7. Naa biasanya saya reboot aja. Biar semua secara sendiri nya balik ke pengaturan
    Kalua diotak atik lainnya takutnya malah eror makin parah deh kan

    ReplyDelete
  8. Nah, saya sekarang sering banget membuat HP jadi mode pesawat. Bukan kepikiran untuk menyetabilkan jaringan (ternyata bisa ya), melainkan supaya nge-charge-nya cepat dan bisa menghilang beberapa jenak, biar gak mudah dihubungi hihihi.

    ReplyDelete
  9. Iya kadang kalo mode pesawat dimatikan, saat dinyalakan lagi suka muter-muter nyari jaringan. Jadi nggak stabil ya mbak

    ReplyDelete
  10. Aku biasanya reboot smartphone aja kalau jaringan nggak stabil. Nah poin 1 yang menggunakan mode pesawat itu aku malah diajarin anakku haha, dan takjub juga kok bisa berhasil :)

    ReplyDelete
  11. Mode pesawat tuh saya gunakan pada saat mau istirahat total dari segala keruwetan hidup, eh salah. Maksudnya dari kebisingan notif ha-ha-ha.
    Ternyata ampuh juga menyetabilkan jaringan. Makasih infonya.

    ReplyDelete
  12. Biasanya tak matikan HP dulu mba dan kadang berhasil sih tapi aku baru tau nih kalau pakai mode pesawat wkwkw soale menonaktifkan mode pesawat kalau naik pesawat aja hehe.

    ReplyDelete
  13. Aku dulu dikasih tau sama Akang penjaga counter yang baik hati, kalau tinggal pencet *...#
    Buat gonta-ganti jaringan.
    Sayangnya aku lupa angka berapa yang dipencet, huhuu...soalnya dulu di rumahku jaringannya sering ga stabil. Jadi mesti dimainin giniannya niih...

    Sekarang,
    Alhamdulillah...ada di daerah yang bagis jaringannya. Smartfren mah, luaasss..
    Jadi tetap nyaman dimanapun berada.

    ReplyDelete
  14. Aku biasanya pake cara reboot. Ga cuman jaringan, speed kerjanya hp juga jadi bagusan

    ReplyDelete
  15. Sama banget, mbak.
    Saya selalu make cara2 itu, tapi yg paling sering memang yg nomor 1, hehe

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah ketiganya sering aku lakukan kalau jaringan sedang tidak stabil, tp udah hari ini jaringan 4G ku gak stabil huhu

    ReplyDelete

Thank you for your comment. It will appear soon.