Kartu Kredit Penyelamat Liburan Dan Cara Mendapatkannya

Liburan akhir tahun 2019 memberikan pengalaman baru tentang sistem booking hotel yang tak lagi mau menerima uang tunai. Beruntung saya punya kartu kredit sehingga masalah bisa langsung selesai. Jika kamu sering bepergian ke lain kota, sebaiknya selalu sedia kartu kredit. Jaman sekarang, cara dapat kartu kredit itu gampang.

cara dapat kartu kredit untuk liburan
Lobi Hotel Urbanest Jakarta Selatan yang imut.

LIBURAN TANPA PERSIAPAN


Sebenarnya tidak sepenuhnya tanpa persiapan. Kami memeriksakan mobil ke bengkel karena berencana menempuh perjalanan darat dari Jogja ke Jakarta. Kami akan menjajal tol Trans Jawa dengan santai dan berharap bisa lewat tol layang Cikampek yang baru saja dibuka. Liburan memang seharusnya dinikmati, tak perlu buru-buru. 

Karena tak ada target waktu itulah, sehabis subuh kami tidak segera berangkat karena baru packing. Kira-kira jam 08.00 perjalanan dimulai. Saking santainya, booking penginapan pun tak terpikirkan. Lagipula, biasanya Jakarta sepi di musim-musim liburan. Selama perjalanan memang terbukti tidak macet karena melawan arus orang yang meninggalkan Jakarta untuk berlibur ke luar kota atau mudik.

Ternyata, kondisi arus liburan tidak mencerminkan tingkat hunian penginapan di Jakarta. Rencananya, kami menghabiskan waktu selama beberapa hari di Jakarta Selatan. Berhubung agak lama, maka kami mendatangi apartemen agar lebih murah. 

Ya ampun, Kalibata City sebesar itu penuh. Demikian pula dengan Kebagusan. Karena sudah malam, agak panik juga mencari penginapan di portal-portal booking hotel. Sebenarnya masih tersedia banyak kamar di hotel-hotel berbintang. Sayangnya budget kami tidak masuk. Sedangkan hotel-hotel yang dikelola privat sengaja dihindari karena tidak ingin berinteraksi terlalu akrab dengan pemiliknya.

Lalu ketemulah Urbanest yang hasil reviewnya bagus. Saya buru-buru telepon agar tidak kedahuluan orang lain. Di telepon, saya separuh memaksa karena mbak yang di seberang ngotot agar kami booking dulu melalui portal tiket online, baru kesana. Untungnya posisi kami cukup dekat sehingga kami langsung ke hotel saja.

HOTEL TAK TERIMA UANG TUNAI


Tadinya kami mengira bahwa kengototan si mbak tadi karena takut rugi jika kami tak muncul. Ternyata, setelah sampai di resepsionis, aturannya tetap sama. Tidak ada transaksi tunai. Kalau mau, si mbak bisa membantu booking menggunakan username-nya di sebuah portal booking hotel, lalu saya bisa membayar melalui transfer ke rekening mbak tersebut tanpa biaya tambahan. Dalam keadaan capek dan sudah sangat malam, akhirnya saya ikut apa kata si mbak tadi saja. Urusan beres, kamipun bisa beristirahat.

Berhubung hotel ini didapat dalam keadaan kepepet, tadinya kami membayar untuk semalam saja. Kalau tidak nyaman, tinggal pindah hotel keesokan harinya. Ternyata hotelnya sangat nyaman dan tenang, serasa tidak di Jakarta melainkan di Bogor. Keesokan harinya, kami sepakat memperpanjang 2 hari lagi.

Ketika menelepon resepsionis untuk perpanjangan waktu tinggal, saya dianjurkan datang ke lobi untuk booking seperti semalam. Berhubung sedang mager alias malas gerak, kami memutuskan untuk booking sendiri saja melalui sebuah portal booking hotel yang kami bayar menggunakan kartu kredit.

PENTINGNYA KARTU KREDIT UNTUK LIBURAN


Pada saat liburan, terutama jika bersama seluruh anggota keluarga, kita tidak ingin ada kendala apapun, apalagi sampai tidak mendapatkan penginapan. Kartu kredit merupakan penyelamat liburan, bawalah selalu untuk berjaga-jaga. 

Selain untuk booking hotel, baik terencana maupun mendadak, setidaknya yang pernah saya alami adalah untuk membayar pemasangan aki mobil di luar bengkel, tiket kereta api, tiket pesawat dan sebagainya. Saya juga telah menggunakannya untuk memesan hotel di luar negeri.

Kartu kredit yang saya miliki sekarang dari Maybank. Saya telah memegang kartu kredit ini sangat lama, lebih dari 15 tahun. Pertama kali menjadi pemegang kartu kredit ini dahulu karena program kantor buat yang mau training ke luar negeri. Jadi saya tidak datang ke kantor Maybank (dulu namanya BII) tapi petugas dari BII yang datang ke kantor sehingga prosesnya mudah dan cepat. Saya tidak pusing mengumpulkan berkas karena dibantu oleh staf HRD.

Apakah mendapatkan kartu kredit sendiri lebih sulit? Saya kira tidak juga, karena jaman sudah sangat maju, sistem administrasi tidak serepot dulu. Buka saja website Maybank dan lakukan pendaftaran secara online. Nanti petugas dari Maybank akan menghubungi untuk melakukan langkah-langkah verifikasi. Syaratnya usia 21-65 tahun dan memiliki penghasilan minimum sesuai dengan jenis kartunya. Jangan bohong ketika mengisi kolom penghasilan ya, karena itu merupakan parameter untuk menjaga kita dari belanja berlebihan menggunakan kartu kredit. 

Post a Comment

14 Comments

  1. aku juga sering bangeeet pakai kartu kredit untuk berbagai kebutuhan, termasuk saat liburan dengan keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi dirimu ya mbak, suka menclok2 ke berbagai negara, harus ada alat bayar yang diterima seluruh dunia :(

      Delete
  2. Dengan dana segar melalui KTA ini ngga ada alasan ngga bisa liburan ya mbak, tinggal ajukan KTA lalu jika sudah mendapatkan persetujuan kita bisa pilih waktu pembayaran dan disesuaikan dengan kemampuan kita membayarnya.. praktis!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makanya penghasilan nggak boleh bohong buat jaga limit

      Delete
  3. Wah aku juga sering pakai kartu kredit buat belanja rumah tangga mbak karena banyak diskon. Awal buat kartu kredit juga aku karena program kantor mbak e hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yg paling bener hahhahaa, diskonnya lumayan di supermarket2.

      Delete
  4. Iya ya, sekarang mah banya tempat yang malah gak terima cash. Dan nerimanya kartu debit atau kartu kredit. Saya gak punya kartu debit. Tapi suami punya. Digunakan hanya untuk untuk keperluan tertentu saja. Kayak ke hotel atau tempat yang memang gak nerima cash. Yang kudu dilakukan adalah penggunaan yang bijak, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau nggak ada kartu debit berarti dompetnya harus ada tunai terus ya?

      Delete
  5. wah aku masih belum punya CC sih mba hehehe yang punya cuman suami doang, aku baru tahu juga ada hotel tak terima tunai yah wah untung ada CC jadi terbantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak ada keperluannya, serumah cukup satu sih buat jaga2.

      Delete
  6. Aku juga sering pakai CC, karena cukup dimudahkan. Asal kita bisa manage aja cara membayarnya. :)

    ReplyDelete
  7. Skrg dpt karty kredit gampang mbak. Saya aja dapat tawaran kartu kredit free biaya tahunan seumur hidup cuman karena kerja di satu perusahaan swasta dan payroll di bank tertentu itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak dong bisa free biaya tahunan. Payroll kantor2 & bank memang harus kerjasama gitu ya, saling menguntungkan.

      Delete

Thank you for your comment. It will appear soon.