Ke Cirebon Cuma Mau Mencicipi Nasi Jamblang Ibu Nur

Beberapa tahun lalu kami pernah makan nasi jamblang yang enak sekali malam-malam di depan stasiun Cirebon. Berhubung itu pedagang kaki lima, tidak ada nama warung yang terpampang. Karena membekas di hati, kami ingin mengulang lagi di hari yang lebih terang agar lebih bisa menikmati. Kami pilih nasi jamblang Ibu Nur karena paling populer di media sosial.

Baca juga: Nasi Jamblang Stasiun Cirebon

nasi jamblang ibu nur cirebon

Di media sosial, orang-orang memperingatkan untuk sabar mengantri karena antriannya sangat panjang dan berdiri. Sampai di Ibu Nur, meski banyak mobil, tapi tidak terlalu antri. Mungkin karena kami kesana bukan di jam makan, yaitu sore hari. Mungkin juga rombongan terbagi dua dengan yang makan nasi lengko Ibu Nur di seberang jalan. Oya, dari gerbang tol, rumah makan Ibu Nur ini agak jauh ya, plus terhambat palang pintu kereta api. Jalan depan Ibu Nur tidak terlalu lebar tapi bus besar bisa masuk berkat kerja keras tukang parkir.

nasi jamblang ibu nur

Sistem pelayanannya prasmanan. Jadi kita mengantri dari ujung, pegang piring, lalu mengambil nasi yang dibungkud daun jati dan berbagai lauknya. Setelah dibuat terkesan dengan cumi hitam Pak Masduki di Pekalongan, kami ingin cumi hitam lagi disini. Selain itu, kami tambahkan lauk lain yang kebanyakan dimasak kuah santan, osenng atau goreng. Tidak ada sayur segar. Antrian diakhiri dengan membayar dan mengambil minuman. Jika kerepotan, petugas akan mengantarkan minuman kita.

nasi jamblang cirebon

Sebenarnya harga-harga di Ibu Nur terbuka, ada tulisannya di dinding, tapi kami kaget juga karena jatuhnya kok banyak. Mungkin karena semua dihitung satuan per lauk sehingga kami tidak antisipasi, sedangkan di Pak Masduki Pekalongan harga paket sehingga lebih mudah dikendalikan. Sebagai contoh, dengan harga Rp 27.000,- kami sudah dapat cumi hitam, megono dan nasi di Pak Masduki Pekalongan. Sedangkan di Bu Nur Cirebon, seiris cumi hitam tidak termasuk nasi dan lain-lain dihargai Rp 22.000,- Rp 27.000,-. Tapi kami masih positive thinking, mungkin jenis cuminya lain. Benar saja, ketika kami makan, cuminya keras, tidak bisa ditusuk dengan garpu, jadi harus dipegang dengan tangan. Menurut kami tetap enak kok karena kami juga mengambil paru dan telor dadar. Saran kami, sambil mengambil lauk, sebaiknya sambil menghitung juga agar tidak kebablasan karena semua menunya menggugah selera.

Baca juga: Cumi Hitam Pak Masduki Pekalongan

nasi lengko ibu nur cirebon

Yang unik dari tempat ini adalah tempat duduk mejanya yang sejajar, jadi terkesan santai. Pelayanannya juga baik karena cepat-cepat dibersihkan ketika pengunjung sebelumnya selesai agar segera ditempati pengunjung selanjutnya.

DI luar rumah makan, ada penjual macam-macam makanan kecil. Kami beli es krim durian dan kerupuk pari.

Nasi Jamblang Ibu Nur
Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan
Kec. Kejaksan
Kota Cirebon
Jawa Barat 45123
Telepon: 0851-0178-5888

Post a Comment

0 Comments