Minum Jamu Godhog Merapi Farma Herbal Kaliurang Jogja

Setelah beribu-ribu kali melewati daerah ini, akhirnya mampir Merapi Farma Herbal untuk minum jamu godhog di Kaliurang, Yogyakarta. Update 2 Oktober 2021: Lokasinya pindah lebih ke belakang dan lebih kecil. Mungkin terkena dampak pandemi.

jamu godhog merapi

Jamu Godhog (rebus) ini terlihat dari jalan antara Yogyakarta dan obyek wisata Kaliurang. Jika dari Jogja, jamu godhog ini terletak di kanan jalan. Plang penunjuknya juga sangat besar menyerupai gapura. Tapi karena terhalang oleh sepetak kebun dan jalan masuknya ada di tikungan, kadang kedai ini terlewat dari pengelihatan kita. Apalagi jika kendaraan cukup kencang melaju.

merapi farma herbal

Hari itu obyek wisata Kaliurang luar biasa panas. Tak terasa hawa pegunungan sekalipun. Bahkan kera-kera Merapi turun jauh hingga warung-warung untuk mencuri makanan pengunjung. Mungkin di dalam hutan sudah tidak ada makanan lagi akibat musim kemarau yang sangat panjang ini. Untuk mengobati rasa panas yang mengakibatkan badan mudah sekali capek, kami sengaja melambatkan kendaraan ketika turun dari Kaliurang untuk mencari plang jamu godhog tersebut. Jika dari Kaliurang, maka letaknya ada di kiri jalan.

daftar harga jamu godhog herbal kaliurang jogja

Tempat menjual jamu godhog ini cukup besar untuk disebut sebagai kedai. Balihonya sendiri tidak hanya menyebutkan jamu godhog, melainkan juga pondok makan dan pelatihan. 

minuman rosella

Tampilan ruangannya sendiri rapi, bersih dan menyenangkan. Jamu-jamu diletakkan di beberapa kendil atau gerabah. Khusus untuk kunir asem dan rosella diletakkan di tempat minuman dingin seperti di mal-mal karena paling banyak permintaan dan tidak perlu diracik. Jadi kalau perlu yang segar-segar dan cepat saji, pesan saja yang ini.

jamu godhog jogja


Di sebelah kedai ada taman herbal yang ikut kering juga karena kemarau tapi masih hidup semua kok. Di tengah taman herbal ini ada jalan menuju warung thengkleng. Jadi seumpama tensi naik karena kebanyakan thengkleng, bisa mampir dulu di depan untuk minum jamu dulu agar tensinya normal kembali. Heheheee....

Jadi kalau ingin mencicipi jamu dengan suasana yang nyaman, bisa mempir kesini setelah capek mengeksplorasi obyek wisata Kaliurang.

Jamu Godhog Jogja
Merapi Farma Herbal
Jl Kaliurang Km 21,5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY, 55582
Jam buka: 07.00 - 21.30
Telepon: (0274) 896111


Post a Comment

0 Comments